Pindad Siap Jual Kendaraan Taktis Maung Untuk Umum Pada Juni 2021, Segini Harganya

Kendaraan taktis Maung (Foto: kemhan.go.id)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Pindad (Persero) siap meluncurkan kendaraan taktis (Rantis) Maung untuk umum pada Juni mendatang. Kendaraan yang biasanya digunakan militer untuk penyergapan ini dirilis versi sipilnya dengan harga mulai Rp600 jutaan.

Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengkonfirmasi  Maung versi sipil meluncur paling cepat Juni atau selambatnya Juli 2021.

“Saya kumpulkan para pehobi otomotif, saya minta masukan dari semua pihak dan sudah membentuk unit divisi komersial type untuk kendaraan ini. Kita launching pertama mobil ini di Juli, untuk yang komersial type,” katanya, dilansir dari kumparan.com, Senin (18/1).

Dia menjelaskan pada tahap awal hanya 1 unit saja yang akan diluncurkan secara resmi, sambil melihat respons pasar, meski sebenarnya sudah ada 10 unit yang rampung.

“Tapi mudah-mudahan bisa lebih cepat meluncurnya di Juni untuk yang komersial. Mumpung momen permintaannya konsumen sudah mengenal si Maung, kalau kita mundur (peluncuran) sangat sayang,” jelas dia.

Untuk harga Rantis Maung versi sipil, menurut Abraham akan dijual di rentang harga Rp 600 jutaan. Informasi harga itu memang lebih mahal jika dibandingkan dengan pernyataan Abraham tahun lalu yang rencananya bakal dijual di kisaran Rp 500 jutaan.

Baca juga: Ghana dan Filipina Beli Tank Buatan Pindad, Ini Sejumlah Alutsista Bikinan Indonesia

“Tanda jadi saya bilang enggak usah, nanti ikut inden saja. Masukin nama nanti akan konfirmasi ulang. Saya tidak ikuti sudah ada berapa yang tertarik, tapi dari laporan ke saya sudah ada lebih dari 60 konsumen,” jelasnya.

Nantinya untuk versi sipil, spesifikasi akan dibuat berbeda dengan pesanan Kementerian Pertahanan. Seperti contohnya absen bracket senjata, beberapa rollbar, perangkat GPS navigasi, tracker kendaraan, dan perlengkapan tempur lainnya.

“Nanti juga ada sedikit perbedaan di tampilan, khususnya di bagian depan kita ubah lebih komersial, menarik, dan tidak kaku,” kata dia.

Sementara untuk mesin diperkirakan akan tetap menggunakan dapur pacu kepunyaan Toyota Hilux berkubikasi 2.400 cc turbo diesel 16 katup DOHC. Mesin berkode 2GD-FTV itu mampu menyemburkan tenaga 149 dk dan torsi sampai 400 Nm. Output mesin itu disalurkan langsung ke empat rodanya alias bersistem penggerak 4WD.

Tapi kemungkinan juga untuk strategi menekan harga, Rantis Maung versi sipil akan menggunakan tipe mesin yang lain.

“Kita juga lagi coba main di mesin untuk sedikit menekan harga. Tapi sebenarnya saya masih sedikit ketar-ketir dengan si Hilux ini, karena akan jadi ketergantungan nantinya. Makanya di 10 pertama yang saya akan launching 1 akan bermain di mesin,” jelasnya.

Menurut Abraham kemungkinan mesin yang mampu menopang bobot Rantis Maung versi sipilnya bisa dari mesin Ford, kelas mesin Defender, dan juga kelas mesin TATA motor. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*