Pejabat Gedung Putih Kompak Mengundurkan Diri, Usai Serangan di Gedung Capitol Hill

Massa pendukung Presiden Donald Trump yang berunjuk rasa Gedung Kongres Capitol Hill | Foto: aljazeera.com
Mari berbagi

JoSS, WASHINGTON DC – Serangan massa pendukung Presiden Donald Trump ke Gedung Kongres Capitol Hill di Washington DC Rabu (6/1), memicu pengunduran diri massal yang dilakukan oleh pejabat Gedung Putih.

Yang terbaru, tiga pembantu utama Trump sedang mempertimbangkan untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Dilansir CNN, penasihat keamanan nasional Robert O’Brien, wakil penasihat keamanan nasional Matt Pottinger, dan wakil kepala staf Chris Liddell mempertimbangkan untuk mengundurkan diri secepatnya pada malam ini.

Pada Rabu pagi, O’Brien mengambil langkah yang tidak biasa yakni membela sikap Wakil Presiden Mike Pence seiring kerusuhan di Gedung Capitol. O’Brien mengatakan hari ini dirinya menunjukkan keberanian ketika Trump mencercanya.

“Saya baru saja berbicara dengan Wakil Presiden Pence. Dia benar-benar pria yang baik dan sopan. Dia menunjukkan keberanian hari ini seperti yang dilakukannya di Capitol pada 9/11 sebagai anggota Kongres. Saya bangga melayani (negara) bersamanya,” kata O’Brien. Baik O’Brien, Pottinger, dan Liddle, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Baca juga: Duh, Jangan Ditiru! Parlemen Taiwan Saling Lempar Jeroan Babi Saat Rapat

Sebelumnya, Sekretaris Sosial Gedung Putih Anna Cristina “Rickie” Niceta telah mengundurkan diri dari jabatannya terhitung efektif segera. Niceta menjabat sebagai satu-satunya sekretaris sosial pemerintahan Trump, yang menjabat pada Februari 2017.

Dia menjadi staf senior kedua di East Wing yang mengundurkan diri dari jabatannya setelah kerusuhan oleh massa pendukung Trump pecah di Capitol Hill Rabu (7/1).

Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden mendesak Donald Trump menyerukan pada massa pendukungnya untuk mengakhiri protes di gedung Kongres Capitol Hill, Washington D.C, AS.

Dikutip dari CNN, Kamis (7/1), Biden menilai, kerusuhan yang terjadi di depan gedung Kongres itu merupakan serangan yang belum pernah terjadi terhadap demokrasi AS.

“Saat ini demokrasi kita berada di bawah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, tidak seperti yang pernah kita lihat di zaman modern. Serangan terhadap benteng kebebasan, Capitol sendiri,” kata Biden, di Wilmington, Delaware.

Baca juga: Satu Dari Lima Pemuda di Inggris Jadi Penggangguran

Biden menuturkan aksi massa pendukung Trump itu merupakan bentuk kekacauan. Ia meminta massa untuk mundur dan membiarkan demokrasi berjalan atas dirinya yang terpilih sebagai presiden AS.

“Ini bukan perbedaan pendapat, ini kekacauan. Ini kekacauan. Itu berbatasan dengan hasutan, dan harus diakhiri sekarang. Saya menyerukan kepada massa untuk mundur dan membiarkan demokrasi maju,” katanya.

Biden mengatakan kekacauan di gedung Kongres tidak mencerminkan demokrasi yang sebenarnya di AS.

“Dunia menyaksikan. Seperti banyak orang Amerika lainnya, saya benar-benar terkejut dan sedih karena negara kita yang selama ini menjadi cahaya dan harapan bagi demokrasi, telah sampai pada saat yang kelam,” kata Biden.

Sebelumnya, massa pendukung Trump menyerbu gedung Kongres yang menjadi tempat para anggota mengesahkan kemenangan Biden sebagai presiden AS. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*