Loket Penjualan Tiket di Stasiun Ditutup, Calon Penumpang Bisa Gunakan KAI Access

Ilustrasi penjualan tiket di stasiun | Foto: sindonews.com
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – PT KAI Daop 4 Semarang menutup loket penjualan tiket di 14 stasiun di wilayah tersebut menyusul pemberlakuan kebijakan pemesanan tiket secara daring mulai 1 Januari 2021. Calon penumpang bisa melakukan pemesanan tiket melalui KAI Access.

“Kebijakan baru PT KAI, mulai 1 Januari 2021, KAI hanya memberlakukan pemesanan tiket KA melalui aplikasi KAI Access,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro dalam siaran pers di Semarang, belum lama ini.

Adapun untuk layanan pembelian tiket lewat loket, lanjut Krisbiyantoro hanya dilayani 3 jam sebelum perjalanan, dengan catatan masih tersedia tempat duduk.

Kebijakan itu, lanjut dia, sebagai salah satu upaya mendukung pencegahan penyebaran COVID-19 melalui layanan dengan menekan interaksi langsung dengan calon penumpang saat pembelian tiket. Hal ini juga untuk memudahkan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api, bisa melakukan pemesanan tiket dimanapun, kapanpun.

Baca juga: Klaim Tarif Lebih Kompetitif, KAI Logistik Express Mulai Beroperasi 1 Januari 2021

Lebih lanjut dia merinci, ke 14 stasiun yang loket penjualan tiketnya ditutup antara lain Stasiun Batang, Alastua, Brumbung, Gubug, Karangjati, Sedadi, Gambringan, Jambon, Kradenan, Doplang, Wadu, Kedungjati, Telawa, dan Gundih.

Sedangkan loket penjualan tiket masih di buka di 9 stasiun, yakni Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Ngrombo, Randublatung, dan Cepu.

Ia menjelaskan melalui pembelian secara daring, calon penumpang akan lebih mudah dan cepat dalam menentukan pilihan pemberangkatan. “Calon penumpang juga akan lebih aman karena tidak perlu datang langsung ke stasiun, hanya untuk melakukan pemesanan tiket,” katanya.

Sementara itu selama angkutan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang dimulai 18 Desember 2020 – 6 Januari 2021, PT KAI memberikan perhatian yang ekstra di segala aspek operasional kereta api.

Pada masa tersebut PT KAI Daop 4 Semarang mengoperasikan sebanyak 56 KA Jarak Jauh dan KA Lokal. 16 Lokomotif lainnya disiagakan yang dialokasikan untuk menarik 12 KA Penumpang dari Daop 4, 2 KA Barang, dan 2 Lokomotif cadangan.

Baca juga: KAI Operasionalkan Kembali Tiga Kereta Jarak Jauh

EVP PT KAI Daop 4 Semarang, Muhammad Nurul Huda mengatakan terkait dengan penerapan  protokol kesehatan, KAI masih mengacu pada Surat Edaran 14 Kemenhub tanggal 8 Juni 2020 dan Surat Edaran 9 Gugus Tugas Covid-19 tanggal 26 Juni 2020.

“Masyarakat yang akan menggunakan KA Jarak Jauh diharuskan untuk menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test Antibodi) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test Antibodi,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, KAI Daop 4 Semarang juga menyediakan layanan rapid test dengan tarif Rp. 85 rb di Stasiun Semarang Tawang dan Tegal maupun fasilitas pemeriksaan kesehatan di Klinik Mediska Semarang Poncol, Klinik Mediska Tegal, Stasiun Pekalongan, Klinik Mediska Pekalongan, Klinik Mediska Ngrombo, dan Klinik Mediska Cepu.

“Terkait Kebijakan Swab Antigen, KAI sampai dengan saat ini masih menunggu keputusan lebih lanjut dari Pemerintah. KAI sebagai operator moda transportasi kereta api selalu patuh terhadap aturan regulator dalam hal ini pemerintah. Kami turut mendukung segala upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*