Kadin Sebut Pembahasan Vaksin Mandiri Antara Pengusaha dan Produsen Masuk Tahap Negosiasi

etua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roselani (foto: kadin.id)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani menyatakan saat ini pembahasan antara pelaku usaha dan sejumlah produsen vaksin Covid-19 global sudah masuk tahap negosiasi.

Negosiasi terkait program vaksinasi mandiri ini berlangsung setelah pengusaha terus berkomunikasi sejak Oktober 2020 dengan beberapa produsen, antara lain AstraZaneca, Pfizer BioNTech, Moderna, dan Sputnik dari Rusia.

Rosan menjelaskan, proses negosiasi berlangsung secara terpisah antara pelaku usaha dan pemerintah. Dengan pelaku usaha, proses berlangsung untuk menegosiasikan waktu pengiriman serta kapasitas vaksin yang bisa dikirimkan oleh produsen.

“Saya tidak bisa menyebutkan dengan produsen mana negosiasi dilakukan karena confidential. Namun, negosiasinya lebih ke perihal waktu pengiriman serta kapasitas produsen terkait dengan jumlah vaksin yang bisa dikirimkan,” ujar Rosan, dilansir dari bisnis.com, Minggu (24/2/2021)

Adapun untuk jumlah vaksin Covid-19 yang akan diimpor dalam program vaksinasi mandiri, sektor swasta masih menunggu angka dari pemerintah. Seperti diketahui, pemerintah hingga kini masih mempertimbangkan perihal pengadaan vaksin yang akan digunakan.

Baca juga: BPOM Resmi Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Sinovac

Dalam pembicaraan terkait dengan pemerintah, salah satu basis data yang menjadi tolok ukur pelaku usaha adalah data resmi pekerja formal. Rosan menyebutkan, nantinya akan diambil sebagian pekerja dalam persentase yang belum ditentukan.

Menurut Rosan, dari regulasi program vaksinasi mandiri yang disusun pemerintah sedang dilakukan penyusunan terkait dengan pelaksanaan teknis. Salah satunya di antaranya terkait mekanisme vaksinasi.

Untuk pelaksanaannya, kata dia, program vaksinasi mandiri akan dilakukan setelah vaksinasi dilakukan terhadap sektor prioritas yang sudah ditetapkan pemerintah, yakni tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik.

Lebih jauh Rosan berharap program vaksinasi mandiri tersebut bisa mulai dilaksanakan dalam rentang kuartal I tahun 2021 hingga memasuki awal kuartal II tahun 2021. Peluang program tersebut berjalan sesuai dengan harapan pun dinilai cukup besar selama pembicaraan antara pemerintah dan pelaku usaha terus berlangsung dengan intensitas yang tinggi.

Dengan pelaksanaan program vaksinasi mandiri yang sesuai target itu, Rosan yakin penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi bakal lebih cepat dari yang terjadi saat ini.

“Kalau swasta dilibatkan akan terjadi akselerasi program vaksinasi, ini membangun confidence masyarakat sehingga mobilitas, permintaan, dan konsumsi akan ikut terdongkrak. Pemulihan ekonomi pun akan menjadi lebih cepat,” ucapnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*