Dukung Industri Pariwisata, KRL Jogja-Solo Diharapkan Terintegrasi Dengan BST Dan Trans Jogja

KRL Jogja-Solo (foto: youtube AstaJaya)
Mari berbagi

JoSS, SOLO — Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno berharap kehadiran kereta rel listrik (KRL) Jogja-Solo diharapkan bisa terintegrasi dengan moda transportasi pendukung lainnya seperti Batik Solo Trans (BST) dan Bus Trans Jogja. Hal ini untuk mendukung pariwisata dan transportasi daerah yang disinggahi.

Selain itu, lanjutnya KRL juga diminta memfasilitasi para pesepeda. Kehadiran KRL Jogja-Solo menginspirasi untuk membangun hal serupa di wilayah perkotaan lainnya, seperti Surabaya (Surabaya – Lamongan – Mojokerto), Bandung Raya, dan Semarang.

“Layanan KRL Jogja-Solo ini dapat terintegrasi dengan bus Trans Jogja dan Batik Solo Trans [BST]. Namun demikian, diharapkan integrasi tidak hanya fisik melainkan jadwal, sistem pembayaran [single trip ticket], dan layanan,” ujar dia dalam webinar Hadirnya KRL Jogja-Solo, belum lama ini.

Djoko menjelaskan merujuk pada operator KRL, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), tiket KRL nantinya menggunakan kartu multi trip (KMT), Commuterpay, dan uang elektronik bank.

Pihaknya berharap alat pembayaran tersebut juga disinkronkan dengan moda transportasi lain seperti Trans Jogja dan BST.

Selama ini alat pembayaran Trans Jogja menggunakan single trip, tiket berlangganan, dan uang elektronik bank. Sedangkan BST dengan skema buy the service yang masih bersifat gratis. Ke depan pembayaran BST juga memanfaatkan e-money perbankan.

Baca juga: Uji Coba KRL Jogja-Solo 1 Februari 2021, Tarifnya Rp1

Selain itu, berbeda dengan KA lokal Prambanan Ekspres (Prameks) yang hanya menyinggahi 7 stasiun, KRL nanti bakal menaikturunkan penumpang di 11 stasiun. Artinya ada empat stasiun yang dihidupkan kembali.

Dengan begitu, menurutnya perekonomian sejumlah daerah ini berpotensi besar tumbuh. Sayangnya, di wilayah di luar Jogja dan Solo belum didukung dengan moda transportasi lainnya.

Sebagai contoh, Klaten yang belum memiliki moda pendukung lain yang terintegrasi dengan KRL. Padahal di Klaten KRL bakal berhenti di 5 stasiun (Delanggu, Ceper, Klaten, Srowot, dan Brambanan) 3 di antaranya stasiun lama yang dihidupkan lagi (Delanggu, Ceper, dan Srowot).

“Di sisi lain, integrasi tidak hanya sesama kendaraan bermotor, tapi juga dengan kendaraan tidak bermotor seperti pesepeda dan pejalan kaki. Terlebih fasilitas pesepeda dan pejalan kaki di Yogyakarta, Klaten, dan Solo, sudah ada perbaikan. Saya berharap sepeda juga dibolehkan dibawa ke dalam KRL Jogja – Solo,” papar dia.

Sementara itu, Komunitas Pramekers, Yusticia Eka Noor Ida, berharap headway atau jarak antartrip KRL diperpendek sehingga pilihan masyarakat berkereta semakin luas dan untuk mengurangi tumpukan penumpang.

Menurutnya, selama ini ketika mereka naik KA Prameks headway kereta sekitar 1,5 jam. “Ini dampaknya akan sangat panjang. Selain itu, pelaju di jalur Jogja – Solo atau sebaliknya ini sebagian besar adalah pekerja sehingga jam berangkat dan pulang jelas. Kami berharap jadwal KRL nanti bisa ramah pengguna,” ungkap dia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*