Donald Trump Resmi Tinggalkan Gedung Putih Gunakan Helikopter Marine One

Foto: local10.com/The Associated Press
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, WASHINGTON DC – Donald Trump beserta Melania resmi meninggalkan Gedung Putih pada Rabu (20/1), sekitar pukul 8.15 pagi waktu setempat, menggunakan helikopter Marine One.

Sesaat sebelum menaiki helikopter, Trump dan Melania terlihat berpamitan dengan para pejabat di halaman Gedung Putih. Setelah keluar dari Gedung Putih, Trump langsung menyapa wartawan dan mengatakan pengalamannya menjadi presiden ke-45 AS merupakan “kehormatan besar”.

Ia pun menyampaikan selamat tinggal kepada wartawan dan pendukungnya. Trump berharap perpisahan tersebut tidak akan lama.

Dikutip dari CNNIndonesia, saat ini Trump telah mendarat di pangkalan militer AS, Joint Base Andrews, di mana ia akan menyampaikan pidato dalam upacara perpisahan singkat sebelum melanjutkan penerbangan ke Palm Beach, Florida.

Biasanya, presiden yang lengser akan meninggalkan Gedung Putih dengan ditemani oleh presiden terpilih sesaat sebelum memasuki helikopter atau pesawat kepresidenan. Tapi itu tidak terjadi dalam perpisahan Trump pagi ini.

Baca juga: Pertama Dalam Sejarah Pilpres AS, Joe Biden Raih Lebih dari 80 Juta Suara

Penerbangan terakhir tak biasanya menggunakan Marine One dan Air Force One. Karena umumnya presiden meninggalkan DC setelah presiden baru dilantik. Sementara pesawat itu hanya diperuntukkan bagi presiden.

Biasanya presiden yang keluar dari Gedung Putih menggunakan helikopter Executive One. Sementara itu, sumber mengatakan Wakil Presiden Mike Pence telah mengucapkan perpisahan kepada Trump pada Selasa (19/1) dan ia disebut tidak berada di Gedung Putih saat Trump pergi.

Pence juga diperkirakan tidak akan menghadiri upacara perpisahan Trump Joint Base Andrews. Setelah pelantikan presiden terpilih Joe Biden selesai, Pence akan terbang ke Indiana dan kemudian akan melakukan perjalanan bolak-balik dari Indiana dan Washington DC.

Dalam video perpisahan yang dirilis Gedung Putih pada Selasa (19/1), Trump mengatakan kepada pendukungnya bahwa “gerakan yang kita mulai baru awal. Tidak pernah ada hal yang seperti ini”.

“Saya pergi dari tempat megah ini dengan hati yang setia dan bahagia, dan jiwa yang optimis, dan kepercayaan diri untuk negara kita dan anak-anak kita. Yang terbaik belum datang,” kata dia, dikutip Independent. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*