Cegah Penularan Covid-19, Tim KKN Mahasiswa UNDIP Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kelurahan Bulusan

Persiapan cairan disinfectan dan alat untuk penyemprotan oleh mahasiswa Undip dan Perangkat RW 03 Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Minggu (24/1/2021). (Foto: Dok. Tim KKN Undip)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang bergerak bersama masyarakat untuk memutus rantai penularan Covid-19. Upaya pencegahan penularan virus corona ini dilakukan dengan melakukan penyemprotan cairan disinfectan di wilayah Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Pelaksana kegiatan ini Mahasiswa UNDIP yang tergabung dalam Tim I Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip Periode 2021 Kelurahan Bulusan, Kecamtan Tembalang, Kota Semarang bersinergi dengan masyarakat Kampung Siaga Covid, RW 03 – Kelurahan Bulusan.

Tim I KKN Undip Periode 2021 Kelurahan Bulusan ini terdiri dari mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan. Anggota Tim I KKN Undip Periode 2021 Kelurahan Bulusan di antaranya adalah Febriansyah B.N.G, M. Iqbal Ashari, Qashash Munqidz, Annisa Mardhatillah, Dandyawan D.R., M. Ghozali P., & Adheni Reza.

Kegiatan penyemprotan disinfektan ini merupakan kegiatan yang diinisiasikan oleh pihak Ketua RW 03 – Kelurahan Bulusan, dengan mengajak para pemuda di lingkungan masyarakatnya dan juga beberapa mahasiswa yang sedang terjun berkegiatan KKN di Kelurahan Bulusan.

Baca juga: Siapkan SDM Unggul, Undip Teken MoU Dengan BRI
Tim KKN Undip bersama masyarakat melakukan penyemprotan disinfectan ke area publik dan pemukiman warga. (Foto: Dok. Tim KKN Undip)

Tolib, Ketua RW 03 – Kelurahan Bulusan, mengatakan bahwa penyemprotan disinfektan merupakan suatu bentuk upaya pencegahan dari penyebaran virus Covid-19, khususnya di RW 03 – Kelurahan Bulusan yang dijadikan sebagai “Kampung Siaga Covid” oleh Kelurahan Bulusan, yang bertujuan agar Kampung Siaga Covid ini tetap terjaga menjadi zona hijau.

“Penyemprotan disinfektan ini dilakukan setiap satu minggu sekali, tepatnya setiap Hari Minggu. Dimulai dengan proses persiapan, yang mana disinfektan dibuat atau diolah sendiri oleh masyarakat RW 03 – Kelurahan Bulusan, yang kemudian diangkut menggunakan kendaraan motor angkut dan disemprotkan ke wilayah RW 03 – Kelurahan Bulusan,” katanya.

Penyemprotan disinfektan ini setidaknya melewati Jl. Sipodang, Jl. Timoho Barat, dan Jl. Timoho Timur. Lokasi-lokasi fasilitas umum menjadi salah satu lokasi penting yang wajib dijadikan target dalam proses penyemprotan disinfektan.

Selain berpartisipasi aktif dalam kegiatan penyemprotan disinfektan, mahasiswa Tim I KKN Undip Periode 2021 Kelurahan Bulusan ini juga membawakan beberapa program kerja KKN yang mana membawa tema mengenai Covid-19 dan juga tema mengenai SDG’s, masing-masing mahasiswa memiliki program kerja masing-masing yang nantinya akan diterapkan di wilayah Kelurahan Bulusan.

“Diharapkan dengan diterjunkannya mahasiswa & mahasiswi dari Tim I KKN Undip Periode 2021 Kelurahan Bulusan ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, dan dapat serta membawa nama baik Universitas Diponegoro,” pungkas Tolib. (lna/Tim KKN Undip)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*