Cara Mudah Dapatkan Uang Dari Google Adsense

Ilustrasi (Foto: teknologi.id)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MENGHASILKAN uang dari internet itu bukan bualan semata. Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak cara mendapatkan uang secara online. Misalnya saja yang paling buat penasaran adalah Google AdSense, di mana penghasilan didapat lewat konten yang kamu buat via YouTube, blog dan website.

Google AdSense adalah suatu program kerja sama yang dibuka oleh Google, yang ditujukan untuk para pemilik blog pada platform Blogspot/Blogger, dan akun YouTube.

Meski sudah memiliki blog atau YouTube, bukan berarti kamu sudah bisa mendapatkan uang. Sebab, ada cara tertentu yang perlu dilakukan agar konten yang kamu buat menghasilkan uang.

Untuk itu, berikut ini cara mendapatkan uang dari Google AdSense, seperti dilansir dari Akurat.co:

1. Harus Jadi Publisher
Untuk mendapatkan Google AdSense dari konten yang kamu buat, maka syarat paling mutlak adalah menjadi publisher.

Untuk YouTube, kamu harus memiliki channel YouTube yang mempunyai minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang secara keseluruhan alias dari total jam tayang dari video yang ada di channel kamu.

Artinya, kamu harus unggah video yang telah dibuat setidaknya telah ditonton sebanyak 4.000 jam oleh pengguna di YouTube.

Sementara untuk website dan blog selain Blogspot, kamu wajib memiliki website yang telah berumur minimal 1 tahun, konten harus orisinal dan memiliki banyak konten. Setelah menjadi publisher, barulah kamu bisa mendaftarkan diri ke Google AdSense.

2. Harus Menarik
Selain kuantitas, hal yang tak luput dari Google AdSense adalah kualitas konten yang dibuat. Sebab, Google sendiri akan memberikan AdSense yang lebih besar untuk konten yang relevan dengan iklan mereka.

Bagi pemilik website, kamu harus memastikan artikel yang kamu tulis berkualitas, tidak asal copas, dan tidak hanya dipenuhi dengan kata kunci-kata kunci saja.

Baca juga: Mikir Berpaling Dari WhatsApp? Simak Fitur Aplikasi Signal Messenger Yang Diklaim Lebih Baik

Pastikan jumlah kata yang digunakan di dalam satu artikel tidak terlalu sedikit, minimal 500-700 kata, dan sebaiknya sertakan juga beberapa gambar pendukung yang relevan dengan topik dari artikel yang kamu tulis.

Kemudian, kamu tak akan mendapatkan AdSense jika website atau blog yang kamu miliki masih menggunakan blogspot.com atau wordpress.com, tapi harus memiliki domain berbayar.

Untuk YouTube, kamu bisa memilih berbagai jenis konten sesuai kategori yang kamu sukai, dan usahakan jangan sampai kena monetisasi. Untuk itu, buatlah video original agar AdSense bisa masuk di video kamu.

3. Perhitungan Keuntungan
Untuk perhitungan uang yang didapat setiap konten Google AdSense menghitung pendapatan per 1.000 tayangan (RPM) yang menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan kamu dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang kamu terima.

Artinya, kamu baru mendapatkan uang untuk setiap 1.000 orang yang melihat konten kamu. Selain itu, untuk setiap negara setiap 1.000 tayangan memiliki tarif berbeda, di Indonesia sendiri kamu hanya mendapatkan sekitar US$0,5 atau setara Rp7.357.

Misalnya saja kamu memiliki 1 juta penonton di YouTube untuk satu konten yang ada, maka penghasilan kamu sekitar 1.000.000 : 1.000 = 1.000 X US$0,5 = US$500 atau sekitar Rp7,3 juta.

Meski demikian, perhitungan ini akan berbeda di setiap negara dan setiap pemilik akun AdSense. Sebab, Google bakal memberikan tarif iklan berbeda tergantung kualitas konten. (lna)

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*