Bukan di Ubud Bali, Keindahan Hamparan Persawahan Oebud Van Jogja Ada Di Kulonprogo

Foto: youtube Devarate Birawa
Mari berbagi

JIKA Provinsi Bali memiliki wisata alam Ubud yang keindahannya terkenal hingga manca negara, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga memiliki Oebud Van Java.

Ya, bagi Anda yang berada di wilayah Jawa Tengah dan DIY tak perlu jauh-jauh untuk menikmati keindahan hamparan persawahan, karena Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo memiliki keindahan alam yang tak kalah cantik dari Ubud Bali.

Salah satu tempatnya adalah track Pronosutan Nanggulan Kulon Progo. Lokasi yang sangat ideal untuk gowes bersama karena menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan mata. Hamparan sawah yang dikelilingi perbukitan menjadi spot sempurna untu berolah raga dan berwisata.

Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan alam ini adalah pagi dan sora hari. Bersepeda di antara hamparan padi, menikmati sinar matahari yang baru terbit dari balik perbukitan di sisi timur yang masih berselimut kabut.

Atau sore hari, saat cuaca cerah menikmati hangat mentari yang hendak tenggelam dibalik berbukitan di sisi barat. Meski jalan umum, namun rute ini relatif sepi dari kendaraan bermotor. Maka, rute ini menjadi pilihan favorit para pesepeda.

Baca juga: BOB Garap Paket Wisata Jogja-Borobudur-Karimunjawa
Foto: youtube wisata tropis

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Niken Probo Laras menuturkan sejak dijadikan sebagai rute wisata sepeda awal tahun 2020, areal persawahan itu kini menjadi lokasi wisata baru yang instagramable. Tak hanya pesepeda, ada juga wisatawan dari daerah lain yang sengaja datang hanya untuk berfoto diantara hamparan tanaman padi.

Niken juga menuturkan lokasi wisata tersebut tidak dipungut biaya, alias gratis. “Tidak dipungut biaya, gratis, karena itu hanya jalan umum,” ujar Niken.

Dia menambahkan persawahan di Kecamatan Nanggulan ini diharapkan mampu menjadi percontohan bagi daerah lain untuk menciptakan objek wisata alam, mengoptimalkan kekayaan alam. “Saat ini olah raga sepeda lagi hits, di tengah pandemi. Makanya lokasi-lokasi wisata alam menjadi daya tarik untuk menjadi objek wisata baru,” tuturnya.

Warga setempat juga kini bisa menikmati manfaat, dengan banyaknya pesepeda atau wisatawan yang melintas, mereka bisa mendirikan rumah makan. Seperti diketahui, di sekitar lokasi sawah tersebut juga ada rumah makan khas Kuloprogo.

Rumah makan tersebut bernama Geplek Pari, yang menyediakan berbagai macam kuliner khas Yogyakarta. Gimana, tertarik untuk bersepeda di Oebud Van Java?  (Lina Kasih)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*