Banjir Di 13 Daerah, Gubernur Sahbirin Tetapkan Kalsel Berstatus Tanggap Darurat

Banjir di Kalimantan Selatan. (Instagram/@dinsosp2kbp3a.hst)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, BANJARMASIN – Banjir yang melanda 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan terus meluas. Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor menyatakan peningkatan status Siaga Darurat menjadi Tanggap Darurat.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin menerangkan, keputusan diambil berdasarkan laporan kejadian bencana di 13 kabupaten/kota yang memiliki resiko tinggi terhadap bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung ,dan gelombang pasang. Ini dikhawatirkannya, akan berdampak pada terganggunya aktivitas ekonomi, sosial dan kesehatan masyarakat.

“Sehubungan dengan hal tersebut, saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan ini menyatakan bahwa kejadian dimaksud sebagai “bencana alam”. Dengan ini menetapkan dan meningkatkan Status Siaga. Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Gelombang Pasang menjadi Status Tanggap Darurat,” jelasnya.

Baca juga: BNPB: Waspada, La Nina Picu Banjir Lahar Dingin  

Kendati demikian, melalui Surat Pernyataan Nomor : 360/038/Bpbd/2021 tertanggal 14 Januari 2021, ia menginstruksikan pihak-pihak terkait kebencanaan segera melakukan langkah-langkah nyata untuk penanggulangan bencana. Dalam pelaksanaan di lapangan koordinir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Provinsi Kalsel menerangkan, keputusan yang diambil gubernur sangat tepat dan sesuai aturan. Peningkatan status menjadi Tanggap Darurat itu bisa ambil apabila ada surat permohonan dari dua kabupaten yang terdampak musibah.

Keluarnya Status Tanggap Darurat oleh gubernur, sebutnya, menindaklanjuti surat pernyataan dari Bupati Kabupaten Banjar dan Keputusan Bupati Kabupaten Tanah Laut yang telah menetapkan daerah menjadi Tanggap Darurat dari Siaga Darurat.

“Dasar kita pemerintah provinsi menetapkan Tanggap Darurat apabila ada dua kabupaten/kota menetapkan Tanggap Darurat,” ujarnya.

Sementara itu, Mujiyat menerangkan, kabupaten yang dilanda banjir cukup parah diantaranya Banjar, Tanah Laut, Balangan, Hulu Sungai Tengah, dan Banjarbaru. Dengan ketinggian rendaman air mencapai pinggang bahkan orang dewasa di sejumlah titik. (lna)

2 Komentar

  1. Banjir di wilayah Kalimantan Selatan bukan hanya disebabkan oleh banyaknya atau tingginya curah hujan yg terjadi di sana saja, seperti apa yg telah dikatakan oleh Presiden RI atau si Joko Widodo, akan tetapi juga lebih dikarenakan di sana atau Kalimantan Selatan telah terjadi kerusakan alam akibat penebangan pohon-pohon di hutan dan bahkan sengaja dibakar, selain itu juga disebabkan oleh penggundulan hutan karena membuka lahan pertambangan batu bara, dll, yg dilikiki oleh kroni-kroninya atau teman-temannya orang yg sedang berkuasa atau si Joko widodo. Lihatlah kelakuan si pemimpin atau si Presiden RI atau Joko Widodo ini, yang dengan sengaja telah menutupi kerusakan alam diKalimantan Selatan sehingga menyebabkan sekitar 65 persen lebih wilayahnya kebanjiran parah. Inilah salah satu kelakuan pemimpin Iblis yg jelas-jelas telah merugikan masyarakat Kalsel, akan tetapi bukannya ditindak dengan tegas dan diproses lalu kemudian dihukum, eee..h malah justru perbuatan pengusaha-pengusaha yg masih kroni-kroninya si Jokowi baik yg ada dipusat maupun yg ada di daerah Kalsel, malah ditutupi. Ayo segera kita bertindak wahai para pengikut Tuhan Allah SWT. Ikutlah bergabung dengan Kami para TNI, dan juga Polisi, serta Intelejen, dan juga laskar-laskar yg tidak pernah mau join atau bergabung dengan para pemimpin Iblis dajal, dari semenjak pertama negara NKRI ini merdeka atau tahun 1945 sampai dengan tahun 2021 ini. Puluhan juta laskar dan dibantu oleh ratusan TNI, Polisi, dan juga Intelejen pengikut Tuhan Allah SWT sudah siap bergerak semuanya. Seluruh persenjataan dan juga alutsista seperti kapal perang, kapal induk, pesawat tempur, pesawat pembom, pesawat siluman, rudal jarak pendek, sedang , dan jauh, drone tempur dan intai, kapal selam, dll akan digunakan. Insya allah kita akan menang,amin.

  2. Iya memang benar apa yg dikatakan oleh Bpk. Joko itu, dan masih ada lagi tank, panser, panser dan tank ampibi, dll. Saya sudah melihatnya langsung diluar pulau jawa, dan jumlah pasukannya ada puluhan juta orang, dan memang ada TNI, dan Polisi yg masih aktif juga, akan tetapi saya dilarang memberitahukan identitasnya. Ternyata tidak semua anggota TNI, Polri, dan juga intelejen itu pro atau mengikuti si Presiden RI atau si Joko Widodo itu. Penghinaan yg telah dilakukan kepada Bpk . Pigai dari papua itu yg disamakan dengan maaf (binatang monyet), yg dilakukan oleh Ambroxius Nababan si batak itu, sangat menghina dan sudah keterlaluan. Mana ada ciptaan Tuhan atau manusia satupun di muka bumi ini yg disamakan dengan maaf binatang monyet itu? itu sama saja menghina ciptaan Tuhan si Ambroxius nababan atau orangnya si Jokowi dan Maruf Amien ini. Kalau ada orang yg menghina mahluk ciptaan Tuhan Allah SWT itu maka sama saja telah menghina Tuhannya atau penciptanya, dan orang itu atau si Ambroxius nababan itu pastilah Iblis.Ternyata memang benar kalau pemimpinnya iblis dajal itu maka pengikutnyapun iblis-iblis juga. Ayo kita basmi bersama-sama para iblis-iblis itu semuanya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*