Akses Jalan Mamuju-Majene Masih Terputus Akibat Gempa Magnitudo 6,2  

Ilustasi batuan longsor karena gempa (Foto: suarantb.com)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MAJENE – Gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), pada Jumat dini hari (15/01/2021) pukul 01.28 WIB, tidak hanya menimbulkan kepanikan warga tetapi juga sejumlah kerusakan. Akses jalan Majene menuju Kabupaten Mamuju terputus.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan hal itu berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majene.

“Menginformasikan longsor di 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju sehingga mengakibatkan akses jalan terputus,” katanya, dalam keterangan tertulis.

Selain itu, guncangan gempa menyebabkan rumah, puskesmas, hingga kantor danramil rusak. “Sebanyak 62 unit rumah rusak (data sementara), 1 unit Puskesmas (RB) dan 1 Kantor danramil Malunda (RB),” ujarnya.

Merespon kondisi ini, BPBD setempat melakukan penanganan darurat, seperti penanganan korban luka, evakuasi, pendataan dan pendirian pos pengungsian. “Kebutuhan mendesak saat ini berupa sembako, selimut dan tikar, tenda keluarga, pelayanan medis dan terpal,” ucapnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene menginformasikan warganya merasakan gempa kuat selama 5 hingga 7 detik. Gempa yang berpusat 6 km timur laut Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) membuat para warga panik. Kepanikan membuat mereka keluar rumah. Laporan yang diterima Pusat Pengendali Operasi BNPB pada dini hari tadi menyebutkan masyarakat masih berada di luar rumah mengantisipasi gempa susulan.

Baca juga: Data Sementara Korban dan Kerugian Gempa Bumi Mejene, 15 Januari 2021

Presiden Jokowi telah memerintahkan Kepala BNPB Doni Monardo dan Mensos Tri Rismaharini (Risma) ke lokasi gempa.

“Pagi ini 15 Januari 2021, Kepala BNPB siap siap melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat bersama sejumlah anggota DPR RI dari Komisi VIII. Mendengar kabar terjadinya gempa di Mamuju Sulbar, Presiden memerintahkan Doni Monardo dan Mensos Risma berangkat ke Mamuju dan segera merubah rencana, berangkat ke Mamuju Sulawesi Barat,” ujar Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah, Jumat (15/1/2021).

Doni sendiri membatalkan kunjungannya ke Sumedang hari ini. Untuk gempa di Majene dan Mamuju, Doni memerintahkan 4 helikopter ke lokasi.

“Doni juga langsung menginstruksikan helikopter BNPB menuju lokasi bencana. Ada 4 helikopter BNPB dikerahkan,” kata Egy, seperti dilansir dari detik.com.

Sedangkan, Kepala Bagian Umum Ditjen Rehsos Herman Koswara mengatakan, Risma akan berangkat menuju Mamuju dengan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara. Risma akan berangkat dari Jakarta melalui bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Berdasarkan sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial, gempa diketahui menimbulkan kerusakan pada gedung utama kantor Gubernur Sulbar, rumah sakit Mifta Manakarra, hingga hotel.

Warga di Mamuju juga diketahui mengungsi pada daerah ketinggian, lantaran khawatir terjadi tsunami akibat gempa susulan yang berulang kali terjadi.

“Sementara kita mengungsi, cari tempat aman di ketinggian,” kata salah seorang warga Sulaeman, saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon.

Hal serupa juga diungkapkan Imran, yang mengungkapkan terjadinya kerusakan pada sejumlah fasilitas umum di Mamuju. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*