UNDIP Raih Peringkat Ke Dua Terbaik Nasional Kampus Hijau Versi UI GreenMetric 2020

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum menerima penghargaan yang diumumkan virtual, Senin (7/12/2020) | Foto: Dok.Humas Undip
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang meraih peringkat kedua sebagai Most Sustainable University in Indonesia dalam pemeringkatan UI GreenMetric 2020 dari 88 universitas di Tanah Air yang mengikuti pemeringkatan ini.

Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2020 adalah Kuwait, Lithuania, dan Belarusia. Di Indonesia, terdapat 88 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric.

UI GreenMetric sendiri merupakan pemeringkatan perguruan tinggi kelas dunia usungan Universitas Indonesia (UI) yang menitikberatkan penilaian pada komitmen pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Penilaian UI GreenMetric 2020 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

Untuk tingkat dunia, Wageningen University & Research, Belanda menjadi Kampus Berkelanjutan Terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Rangkings 2020, diikuti pada peringkat kedua oleh University of Oxford, Inggris, dan Nottingham University, Inggris pada peringkat ketiga.

Di tingkat Indonesia, UI meraih predikat Kampus Berkelanjutan Terbaik, yang diikuti oleh Universitas Diponegoro dan Universitas Gadjah Mada pada urutan kedua dan ketiga.

Pengumuman UI GreenMetric World University Rankings 2020 dilakukan secara virtual pada Senin (7/12) di kampus UI Depok. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini, UI GreenMetric juga memberikan empat penghargaan baru bagi perguruan tinggi tingkat dunia maupun tingkat Indonesia.

Baca juga: Hanya Ada Dua Kampus di Indonesia, Jurusan Oseanografi UNDIP Kini Makin Diminati

Pertama, penghargaan The 2020 Most Sustainably Improved University diberikan kepada Nottingham Trent University, Inggris (tingkat dunia) dan Institut Teknologi Sumatera (tingkat Indonesia). Kedua, The 2020 Most Active National Coordinator of UI GreenMetric World University Ranking Network diberikan kepada RUDN University, Rusia (tingkat dunia) dan The 2020 Most Active University in UI Greenmetric World University Rankings Network-Indonesia diberikan kepada Universitas Sumatera Utara.

Ketiga, The 2020 Most Sustainably Innovative University diberikan kepada Universidad de Oviedo, Spanyol (tingkat dunia) dan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (tingkat Indonesia).

Terakhir, The 2020 Best New Participating University, diberikan kepada Universidad Complutense de Madrid, Spanyol (tingkat dunia) dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (tingkat Indonesia).

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum mengatakan prestasi ini merupakan apresiasi sekaligus dorongan untuk Undip agar meningkatkan usahanya dalam membangun kampus hijau, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Rektor menyampaikan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika Undip yang telah melaksanakan program Sustainable Campus dengan kegiatan ramah lingkungan dan berkelanjutan. “Undip juga berupaya memperluas kawasan terbuka hijau berupa pembuatan taman dan hutan kampus, efesiensi energy, penggunaan energy ramah lingkungan, konservasi air, transportasi hijau, serta pembangunan kampus dengan konsep green and smart building,” ungkapnya.

“Kedepannya, Undip berharap dapat berkontribusi lebih banyak untuk menjaga kelestarian serta konservasi sumber daya alam sehingga berdampak baik bagi Bumi kita tercinta,” imuh Rektor. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*