Risma Disebut Dapat Tawaran Mensos, Ini Kata PDIP

Foto: urbanasia.com
Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikabarkan mendapatkan tawaran menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Peter Batubara yang terjerat kasus korupsi bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19.

Kabar tersebut diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya Yusuf Lakaseng, Minggu (13/12) seperti dikutip Antara. “Saya dapat kabar bahwa Ibu Risma ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju,” katanya di sela tasyakuran pilkada atas kemenangan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji di Surabaya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan pihaknya tidak mau berkomentar lebih jauh karena masih konsentrasi dengan tahapan Pilkada Surabaya yang saat ini masih dalam tahap rekapitulasi tingkat kota. “Kami masih fokus dengan Pilkada Pilkada Surabaya,” katanya.

Dia menilai keputusan pengajuan nama dari kader PDIP untuk menggantikan Juliari Batubara sepenuhnya adalah kewenangan penuh Presiden Joko Widodo dan dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. “Semua itu adalah kewenangan pusat. Kami tidak bisa mencampurinya,” katanya.

Wali Kota Risma menyatakan soal adanya kabar dirinya mendapat tawaran jabatan Mensos, itu sepenuhnya keputusan ada pada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. “Nanti kita lihat, saya ikut bu Mega saja,” kata Wali Kota Risma.

Baca juga: Khofifah Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Karena La Nina, Ini 22 Daerah Rawan di Jatim

Meski demikian, lanjut dia, hingga saat ini dirinya belum mendapat tawaran dari siapapun termasuk Presiden Jokowi terkait hal itu.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan keputusan untuk menentukan pengganti Juliari merupakan hak prerogatif Presiden.

Namun demikian, ia berpendapat  jika penggantinya dari PDIP maka keputusannya akan sangat tergantung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. “Itulah fatsun politik kita. Tak bisa mengukur segala sesuatu berdasarkan tren di media,” kata Adi, seperti dikutip dari Republika, Senin (14/12).

Adi menilai jatah menteri PDIP tidak mungkin dikurangi. Namun apakah posisi Mensos akan tetap diisi oleh kader PDIP atau digeser di kementerian lain sangat tergantung keputusan Presiden Jokowi nantinya.

Dia tak menyebut siapa nama lain selain Risma yang berpotensi mengisi posisi menteri menggantikan Juliari.  “Yang jelas semua calon menteri dari PDIP sangat tergantung Megawati,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga menyebut sejumlah kriteria yang harus dimiliki calon Mensos yang akan datang. Menurutnya salah satu kriteria utama yang harus dimiliki calon Mensos mendatang yaitu diharapkan memiliki integritas agar tidak kembali tersandung kasus korupsi.

“Kemensos kan lahan basah banyak bantuan sosial. Banyak godaan di sana,” pungkasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*