Pelaksanaan Pilkada Serantak di 21 Daerah di Jateng Berjalan Aman, Tertib dan Terapkan Prokes

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan Asistensi Pengamanan Pilkada serentak se-Jawa Tengah di wilayah hukum Polres Grobogan | Foto: facebook Humas Polda Jawa Tengah
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pelaksanaan Pilkada di 21 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah hari ini, Rabu (9/12/2020) berjalan aman, tertib dan terapkan protokol kesehatan ketat. Hal itu mengingat Pilkada kali ini berada dalam kondisi pandemi.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan Asistensi Pengamanan Pilkada serentak se-Jawa Tengah di wilayah hukum Polres Grobogan, didampingi Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna.

Dalam pengecekan, Kapolda mengatakan bahwa netralitas adalah prinsip utama yang dijunjung Polda Jawa Tengah. Ia mengatakan, pihaknya tidak ingin ada klaster baru pada pelaksaaan Pilkada di Jawa Tengah, sehingga dilakukan cek pada seluruh anggota Polri dan semuanya sehat.

“Kita sudah lakukan Swab Antigen, semuanya menggunakan APD lengkap bahkan tak hanya anggota saja, termasuk masyarakat panitia dan pengawas semua menggunakan APD,” kata Kapolda.

Menurutnya, langkah tersebut diambil untuk meyakinkan pada masyarakat bahwa semua anggota dalam keadaan sehat dan bebas Covid setelah sebelumnya dilakukan swab massal untuk personel pengamanan Pilkada Serentak. Selain itu pengamanan TPS oleh anggota juga bersinergi dengan PAM lainnya.

Untuk mencegah penyebaran klaster baru, Polda Jateng memsatikan prokes 3M di setiap TPS berjalan dengan baik diantaranya telah  disiapkan cek suhu serta jadwal peserta diatur per menit sehingga tidak terjadi penumpukan orang. Kapolda memastikan, sejauh ini pelaksanaan Pilkada di Jateng ebrjalan aman terkendali.

“Polda Jateng melibatkan 14.000 personel yang terbagi menjadi 21 daerah kabupaten dan kota dalam kegiatan Pilkada 2020,” kata Kapolda.

Baca juga: Ganjar Pastikan Awal 2021 Masih Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh

Sementara itu Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia mengimbau pasangan calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2020 yang perolehan suaranya unggul agar tetap menaati protokol kesehatan sebagai upaya mencegah meluasnya penyebaran COVID-19.

“Kami seluruh peserta pemilihan dan para pendukungnya, jika merasa mendapatkan perolehan suara terbesar atau menduga sudah menang, tidak perlu dirayakan berlebihan apalagi jika sampai menimbulkan kerumunan, tetap perhatikan protokol kesehatan,” kata Ketua Bawaslu RI Abhan di Semarang, Rabu.

Menurut dia, para paslon peserta Pilkada Serentak 2020 bersama tim kampanye dan partai politik pengusung harus bisa mengendalikan pendukungnya masing-masing agar tidak terjadi euforia saat mengetahui paslon yang didukungnya memperoleh suara terbanyak.

Ia mengaku khawatir jika para pendukung paslon peserta Pilkada Serentak 2020 dibiarkan akan terjadi kerumunan sehingga memperparah kondisi pandemi COVID-19.

“Oleh karena itu, kami minta dikendalikan agar tidak terjadi euforia ketika mengetahui paslon yang didukung menang,” ujar mantan Ketua Bawaslu Jateng itu.

Sebanyak 21 kabupaten/kota yang hari ini menggelar Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Jawa Tengah adalah Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Semarang, Kota Magelang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Rembang, dan Kota Surakarta.

Selain itu, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Blora, Kabupaten Kendal, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Klaten, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Demak. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*