Belasan Rumah di Tambaklorok Hancur Diterjang Ombak, BMKG Peringatkan Adanya Gelombang Tinggi

Ilustrasi ombak | Foto: antaranews.com
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Sedikitnya 13 rumah dan sejumlah kapal nelayang di kawasan pesisir Tambaklorok, Kota Semarang, Jawa Tengah , rusak setelah diterjang ombak laut akibat tanggul penahan gelombang pasang di wilayah itu jebol.

Sekretaris Kecamatan Semarang Utara Margo Haryadi di Semarang, Senin (7/12/2020), mengatakan, tanggul penahanan gelombang air laut di Tambaklorok jebol pada Minggu (6/12) malam. “Mayoritas kerusakan terjadi di dapur dan kamar mandi,” katanya, dikutip dari Antara.

Akibat kejadian itu, lanjut dia, para penghuni sudah mengungsi ke rumah tetangga serta kerabatnya. Selain rumah warga di pesisir, gelombang laut akibat cuaca buruk juga menyebabkan kapal para nelayan rusak.

Ia menjelaskan bantuan bahan kehutuhan pokok bagi para korban juga telah disalurkan. Pihaknya meminta warga di pesisir Kota Semarang untuk tetap mewaspadai cuaca buruk hingga beberapa waktu ke depan.

Ia juga mengimbau warga yang rumahnya rusak akibat gelombang air laut ini tetap mengungsi sementara waktu.

Sementara itu di Tegal, sebanyak 22 warung yang berada di Pantai Utara Obyek Wisata Batamsari, Tegal, Jawa Tengah, juga ahncur diterjang ombak pada Senin (7/12/2020). Menurut data BPBD Kota Tegal sebanyak 22 warung yang berada di pinggir pantai Utara hancur diterjang Gelombang setinggi 1,5 meter hingga 2,5 meter karena cuaca ekstrim di laut Jawa.

Baca juga: BMKG Ingatkan Ancaman Gelombang Tinggi di Pantai Selatan

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah merilis peringatan dini gelombang tinggi pada hari ini, Senin 7 Desember 2020.

Dikutip dari laman BMKG, dalam peringatan dini gelombang tinggi tersebut, diketahui perairan selatan Jawa berpeluang mencapai ketinggian gelombang hingga 6 meter.

BMKG juga menjelaskan untuk masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di sekitar perairan yang mempunyai gelombang tinggi untuk berhati-hati.

Peringatan dini gelombang tinggi merupakan informasi prakiraan gelombang untuk 2 hari ke depan yang akan diinformasikan jika terjadi gelombang tinggi lebih dari 1.25 meter dan bertahan selama 12 jam ke depan di sekitar perairan Indonesia .

Peringatan idni berlaku maksimal dua hari sejak dikeluarkan dan diperbaharui setiap ada perubahan, serta sebelum masa berlakunya habis.

Bibit siklon tropis 96S terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Barat, memberikan dampak terhadap kondisi tinggi gelombang di Perairan barat Lampung hingga selatan Jawa dan Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa.

Pola angin di wilayah Indonesia pada umumnya bergerak dari Barat-Utara dengan kecepatan angin berkisar 5 – 30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah, Laut Jawa, Laut Bali. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*