6 Menteri Baru Jokowi Dilantik Hari Ini, Risma Mensos-Sandiaga Uno Menparekraf

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengumumkan perombakan kabinet Indonesia Maju menyusul terjadinya dua mentri yang jadi terjerat kasus korupsi. Ada 6 pos menteri yang dirombak, di antaranya Risma menjadi Menteri Sosial dan Sandiaga Uno menjabat Menparekraf.

Seperti diketahui, dalam satu bulan terakhir dua menteri Jokowi ditetapkan sebagai tersangka. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo tang terjerat kasus suap ekspor benih lobster dan Menteri Sosial Juliari P Batubara yang terjerat kasus korupsi bantuan sosial (bansos) penanggulangan dampak Covid-19.

Dalam konferensi persnya di Istana Presiden Selasa (22/12/2020) , Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan telah menetapkan penggantian menteri di sejumlah posisi. Total ada 6 pos menteri yang dirombak oleh Presiden Jokowi.

“Bersama wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju,” jelasnya dalam konferensi pers.

Berikut, daftar nama menteri baru yang masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju yakni Tri Rismaharini, yang sebelumnya menjabat Wali Kota Surabaya, mengisi posisi Menteri Sosial. Risma menggantikan Juliari P Batubara yang mendekam di tahanan akibat terjerat kasus korupsi bansos.

Sandiaga Salahudin Uno akan mengisi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya Wakil Menteri BUMN ditunjuk memimpin Kementerian Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Baca juga: Presiden Jokowi Jadi Muslim Paling Berpengaruh Urutan 12 di Dunia Tahun 2021

Yaqut Cholil Quoumas, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor periode 2015-2020, diangkat sebagai Menteri Agama, menggantikan Farchrul Razi.

Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono diangkat Jokowi untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, menggantikan Edhy Prabowo yang terjerat kasus suap ekspor benih lobster.

Lutfi, yang saat ini menjabat Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, kembali ditunjuk untuk mengemban tugas sebagai Menteri Perdagangan, menggantikan Agus Suparmanto.

Presiden mengatakan pelantikan para menteri baru akan dilaksanakan hari ini, Rabu (23/12/2020).

Berbeda dengan Risma dan Sandiaga Uno yang sejak awal memang santer dikabarkan bakal mengisi jabatan menteri, yang cukup mengejutkan adalah munculnya Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut sebagai Menteri Agama.

Gus Yaqut sebelumnya adalah Anggota DPR dengan posisi Wakil Ketua Komisi II DPR. Ia saat ini juga menjabat Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, ormas sayap Nahdlatul Ulama. Nama kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu cukup mengejutkan masuk Kabinet Indonesia Maju.

Menilik dari rekam jejaknya, Gus Yaqut adalah tokoh asal Rembang, Jawa Tengah, yang pernah mengemban kuliah di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Gus Yaqut adalah putra dari salah seorang pendiri PKB, Muhammad Cholil Bisri. Ia dikenal sebagai tokoh Nahdliyin.

Saat di DPR RI, Gus Yaqut pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Rembang. Pun, kariernya loncat sebagai Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010. Ia juga pernah menjabat Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah (2012-2017). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*