PT Angkasa Pura 1 Terus Pantau Perkembangan Aktivitas Merapi

Gunung Merapi | Foto: wikipedia
Mari berbagi

JoSS, KULONPROGO – PT. Angkasa Pura 1 (AP 1) terus memantau perkembangan aktivitas vulkanis Gunung merapi. Sejumlah kebijakan bisa diterapkan seperti penutupan Bandara Adisucipto, Sleman dan Yogyakarta International Airport (YIA), Temon, Kulonprogo apabila kondisi Merapi membahayakan aktifitas penerbangan.

General Manager (GM) Adisucipto yang juga menjabat sebagai PTS GM YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan pihaknya bersama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) terus melakukan monitoring terhadap kondisi Gunung Merapi yang saat ini berstatus siaga level III.

Jika suatu hari nanti gunung tersebut meletus atau minimal mengeluarkan debu vulkanik, maka dua bandara di DIY yakni Adisucipto dan YIA kemungkinan besar akan ditutup sementara.

“Kami di bandara hampir setiap hari monitor [kondisi Gunung Merapi] dengan LPPNPI atau AirNav. Dan sampai dengan saat ini sih tidak ada masalah, artinya kesiapsiagaan kita tetap ada, kalau terjadi hal buruk maka kapan kita close bandaranya dan tindakan lain-lain sudah kita monitoring terus,” jelas Pandu, seperti dilansir dari Harianjogja.com, Selasa (17/11/2020).

Pandu mengatakan letusan Gunung Merapi berpotensi memunculkan debu vulkanik. Apabila debu itu mengarah ke selatan dan barat, yang mana itu merupakan lokasi Bandara Adisucipto dan YIA, maka dapat mengganggu aktivitas penerbangan di dua bandara tersebut.

Baca juga: Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, 1.294 Warga Dievakuasi ke 4 Daerah Ini

“Oleh karena itu kami akan terus melakukan monitoring untuk nantinya menentukan langkah yang tepat jika terjadi hal buruk,” ucapnya.

Sementara itu, dalam penguatan kesiapsiagaan untuk menghadapi ancaman Gunung Merapi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar gladi ruang atau tabletop exercise (TTX) dan tactical floor game (TFG), dengan tema Penguatan Sistem Penanggulangan Bencana dalam Meningkatkan Ketangguhan dan Mengantisipasi Ancaman Erupsi Gunung Merapi pada Masa Pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) B. Wisnu Widjaja, menjelaskan TTX dan TFG bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait ancaman dan risiko melalui sistem informasi dan komunikasi, peringatan dini, meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan terkait sistem penanggulangan kedaruratan bencana yang melibatkan multipihak.

“Latihan ini juga bertujuan untuk mendapatkan masukan terhadap draf rencana kontingensi dan rencana operasi dan prosedur tetap yang disusun daerah terkait, khususnya saat pandemi Covid-19 masih berlangsung,” ujarnya, dalam pembukaan TTX, di Hotel Hyatt, Selasa (17/11/2020).

Untuk menghadapi erupsi Gunung Merapi, target dari latihan ini yakni mencegah terjadinya korban jiwa atau zero victim, sesedikit mungkin warga yang terdampak, serta meminimalkan dampak ekonomi maupun infrastruktur. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*