Masih Digugat Trump, Presiden Amerika Terpilih Joe Biden Umumkan Secara Bertahap Kabinetnya

Foto: bangordailynews.com
Mari berbagi

JoSS, WASHINGTON DC – Presiden Amerika Terpilih Joe Biden mulai menyusun kabinetnya dan akan mengumumkannya secara bertahap mulai hari ini, Selasa (24/11). Biden juga akan menggelar perayaan atau inagurasi dalam waktu dekat, meski Donald Trump mengajukan gugatan hasil Pilpres Amerika Serikat untuk di beberapa negara bagian.

“Presiden Amerika Terpilih Joe Biden akan mengumumkan anggota kabinetnya pekan ini. Dia benar-benar menantikan momen tersebut, memperkenalkan timnya ke publik,” ujar manajer tim nominasi Joe Biden, Jen Psaki, dikutip dari CNN, Senin (23/11).

Kepala Kantor Staf Kepresidenan pilihan Biden, Ron Klain, juga mengkonfirmasi hal tersebut. Namun, lanjutnya Biden belum akan mengumumkan susunan kabinetnya secara penuh.

Menurut Klain, Joe Biden baru akan memperkenalkan orang pertama yang bergabung ke kabinetnya pada pengumuman besok. Dengan kata lain, pengumuman siapa saja yang bergabung ke kabinet Joe Biden akan berlangsung secara bertahap.

“Apa yang bisa saya konfirmasikan, kalian akan melihat orang pertama yang dipilih Joe Biden untuk bergabung ke kabinetnya. Hal itu lebih cepat dibanding masa Barack Obama ataupun Donald Trump,” ujar Klain.

Seperti diketahui, karena Donald Trump masih menggugat hasil Pilpres Amerika di beberapa negara bagian, Joe Biden tidak bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh lembaga-lembaga pemerintahan. Hal tersebut termasuk pemeriksaan rekam jejak calon-calon menterinya oleh FBI.

Hingga berita ini ditulis, tidak diketahui bagaimana Joe Biden memastikan calon-calon menterinya tidak memiliki masalah hukum yang bisa membebani di kemudian hari. Tim Transisi Joe Biden mengakui bahwa hal tersebut bisa menjadi masalah baru di kemudian hari.

Baca juga: Perbatasan AS-Kanada-Meksiko Tetap Ditutup Hingga 21 Desember

Ron Klain, juga menyatakan inagurasi Joe Biden kemungkinan akan lebih sederhana dan kecil dibandingkan versi presiden-presiden sebelumnya. Dilansir dari Reuters, pandemi COVID-19 menjadi faktor utama yang membuat tim Joe Biden membayangkan pelantikan sederhana.

Mereka khawatir perayaan inagurasi besar-besaran malah akan menambah jumlah kasus COVID-19 di Amerika. Per berita ini ditulis, ada 12,5 juta kasus dan 200 ribu lebih kematian akibat COVID-19 di Amerika.

“Menurut saya jelas saja inagurasi kali ini tidak akan sama dengan inagurasi sebelumnya. Tentu kami ingin ada perayaan karena (inagurasi) ini memang perayaan. Walau begitu, kami ingin inagurasi berjalan seaman mungkin,” ujar Ron.

Dilansir dari New York Times, tim Joe Biden menimbang inagurasi yang menggabungkan acara virtual serta fisik. Dengan begitu, banyak warga tetap bisa merasakan meriahnya tradisi inagurasi tanpa harus membahayakan diri mereka. Adapun langkah tersebut pernah dipakai dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat.

Apabila mengacu pada inagurasi sebelumnya, event itu selalu digelar di Capitol Hill, Washington DC. Di sana, warga-warga Amerika akan berkumpul untuk mendengarkan pembacaan sumpah dan pidato pertama Presiden Amerika baru yang dilantik.

Setelah pembacaan pidato, penonton inagurasi biasanya akan berpesta dan mengawal parade presiden terpilih ke Gedung Putih. Presiden-presiden Amerika sebelumnya, serta anggota legislatif, juga ikut dalam perayaan tersebut.

Ron Klain memprediksi perayaan akan berlangsung meriah sekali apabila tidak diatur sejak sekarang. Ia mengacu pada aksi warga Amerika berbondong-bondong turun ke jalan untuk merayakan kemenangan Joe Biden di Pilpres Amerika awal November lalu.

“Kami tahu warga pasti inginnya ini dirayakan secara meriah,” ujar Ron Klain, dikutip dari Reuters. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*