Gunung Merapi Naik Status Siaga, Tanda-Tanda Erupsi Eksplosif Makin Nyata

Foto: twitter @BPPTKG
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Status Gunung Merapi naik menjadi Siaga pada Kamis (5/11) pukul 12.00 WIB setelah sebelumnya berstatus Waspada sejak Mei 2018. Peningkatan status ini menyusul aktifitas gunung teraktif di dunia ini menunjukkan sejumlah tanda-tanda yang mengarah pada terjadinya erupsi eksplosif.

Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida menjelaskan sehauh ini karakter erupsinya masih efusif atau material leleranl namun tanda-tanda eksplosifnya semakin nyata.

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat di lereng merapi diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan tetap emnjauhi radius 3 kilo meter dari puncak kawah.

“Untuk kondisi Merapi ini, karakter erupsinya sejauh ini efusif (material leleran) tapi tanda-tanda erupsi eksplosifnya (letusan) juga lebih nyata,” ujar Hanik, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/11).

Hanik menuturkan, yang menguatkan gejala erupsi eksplosif dilihat dari berbagai faktor. Antara lain seisimisitas (titik kegempaan) yang semakin meningkat setelah 3 November 2020 lalu. “Ini bahkan sudah melampui seismisitas yang terjadi menjelang erupsi 2006,” kata dia.

Baca juga: Merapi Diprediksi Segera Meletus, Warga Siagakan Posko

Faktor kedua adalah pertumbuhan kubah lava yang dinilai relatif cepat. Pemendekan jarak baseline EDM (penggembungan di Merapi) sektor barat laut Babadan terukur sebesar 4 sentimeter sesaat setelah terjadi letusan eksplosif 21 Juni 2020 dan terus terjadi dengan laju sekitar 3 mm/hari sampai pengukuran terakhir pada September.

“Jadi kemungkinan erupsi eksplosif akan terjadi meski itu bukan berarti ada perubahan karakter Merapi,” ujar Hanik sambil menambahkan belum ada instruksi pengosongan wilayah di radius lima kilometer dari puncak Merapi sebagai bentuk antisipasi dampak letusan.

Dalam keterangan tertulis yang dibagikannya hari ini, BPPTKG Yogyakarta membeberkan kalau sampai saat artikel ini dibuat kegempaan dan deformasi itu masih terus meningkat. Kronologi peningkatan aktivitas itu tercatat setelah erupsi eksplosif Merapi dalam skala kecil pada 21 Juni 2020.

Saat itu, BPPTKG merilis sebuah foto dengan keterangan yang menunjukkan letusan Gunung Merapi dengan tinggi kolom mencapai 6.000 meter.

Saat itu kegempaan internal yaitu gempa vulkanik dalam VA, gempa vulkanik dangkal VB, dan gempa Fase Banyak (MP) mulai meningkat. Jika pada Mei tidak ada gempa VA dan VB dan hanya 174 kali gempa MP, pada Juli terekam gempa VA 6 kali, gempa VB 33 kali dan MP 339 kali.

Pada 4 November 2020 terjadi rata-rata gempa VB 29 kali/hari, MP 273 kali/hari, guguran 57 kali/hari, embusan 64 kali/hari. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*