AP II Catat 118 Penerbangan Delay Akibat Simpatisan Penjemput Rizieq, Maskapai Hitung Kerugian

Ilustrasi | Foto: bisnis.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat ada 118 penerbangan yang tertunda atau delay di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (10/11), akibat kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab dari Arab Saudi.

Itu terjadi akibat kerumunan masa simpatisan penjemput Rizieq Shihab yang menimbulkan kemacetan di jalan akses ke bandara.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi merinci delay itu terdiri dari 110 penerbangan dengan rute domestik dan 8 rute internasional. Delay terjadi sejak pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

“Sejumlah penerbangan pagi tadi mengalami keterlambatan sekitar 1-2 jam, namun saat ini operasional penerbangan sudah berjalan normal,” ungkap Agus dalam keterangan resmi yang dikeluarkan di Jakarta, Selasa (10/11) ini.

Secara total, ia mengatakan Bandara Soetta dijadwalkan melayani 556 penerbangan, baik keberangkatan dan kedatangan. Itu terdiri dari 224 penerbangan keberangkatan dan kedatangan di Terminal 2 dan 319 penerbangan keberangkatan dan kedatangan di Terminal 3. “Serta 13 penerbangan kedatangan untuk repatriasi WNI,” imbuhnya.

Kendati begitu, maskapai memberikan kebebasan penjadwalan ulang penerbangan (reschedule) atau pengembalian tiket (refund) bagi pemegang tiket keberangkatan penerbangan 10 November 2020 dari Bandara Soekarno-Hatta.

Mereka adalah Lion Air Group, Garuda Indonesia Group, Indonesia AirAsia dan Sriwijaya Air Group.

“Maskapai lain mungkin juga memiliki kebijakan serupa. Kami mengimbau agar penumpang yang memiliki tiket keberangkatan 10 November dari Bandara Soekarno-Hatta bisa melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke maskapai terkait jadwal penerbangan, reschedule atau refund,” jelasnya, dilasnir dari CNNIndonesia.

Baca juga: Ancaman Kebangkrutan Industri Penerbangan di Depan Mata

Saat ini, ia mengklaim situasi bandara sudah kondusif lagi. Penerbangan pun sudah berjalan normal.

Namun sejumlah maskapai penerbangan mengaku menderita kerugian akibat penundaan penerbangan ini. Salah satu kerugian disampaikan Garuda Indonesia.

Namun, Direktur Utama Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyebut pihaknya belum melakukan hitung-hitungan akan berapa total penumpang yang mengajukan pembatalan maupun penundaan terbang serta kerugian yang disebabkan oleh masalah itu. Dia bilang pihaknya masih fokus mengurus kebutuhan penumpang.

“Belum ngumpulin data. Ini masih fokus urusan penumpang,” katanya.

Hal serupa diungkapkan oleh Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro. Ia mengatakan sejak pukul 04.00 – 12.00 WIB, terjadi keterlambatan keberangkatan dengan rata-rata penundaan selama 72 menit untuk Lion Air dan 62 menit untuk Batik Air karena menunggu sejumlah penumpang yang terjebak kemacetan.

Jumlah keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta pada jam operasional tersebut terdampak sebanyak 43 penerbangan. Itu terdiri dari 17 penerbangan Lion Air dan 26 Penerbangan Batik Air.

Namun, ia tak dapat menyebutkan total kerugian yang ditimbulkan. “Mengenai hal tersebut, saya belum bisa memberikan keterangan,” jelasnya.

Sementara itu Menurut data dari Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia, setidaknya 27 penerbangan terkena dampak dari kerumuman massa yang terjadi tadi pagi.

Direktur Utama AirNav Indonesia M. Pramintohadi Sukarno menyebut berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, hingga Selasa pukul 09.00 WIB ada maskapai yang mengajukan 27 permintaan penundaan keberangkatan (delay departure) dengan rata-rata waktu 1 sampai dengan 2 jam.

“Secara teknis, prosedur air traffic flow management (ATFM) yang dilakukan melalui aplikasi slot time penerbangan berbasis daring CHRONOS kami optimalkan menyesuaikan dampak kegiatan massa tersebut dan protokol kesehatan yang saat ini berlaku di sektor penerbangan nasional,” katanya seperti dikutip dari rilis. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*