Rektor UNDIP Minta Seluruh Civita Akademika Tingkatkan Kepedulian Pada Lingkungan Hidup

Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum memberangkatkan mobil pengangkut bantuan sosial untuk masyarakat dalam rangka memepringati  Dies Natalis ke-63 UNDIP, yang dilakukan di Halaman Kantor Rektorat, Jumat (2/10/2020) | Foto: dok. Undip
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Rektor Universitas Diponegoro (UNDIP), Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum, meminta agar seluruh civitas academica meningkatkan kepedulian kepada lingkungan hidup dan lingkungan manusia, karena dua lingkungan itu sama pentingnya.

Hal itu dinyatakan Prof Yos saat memberikan sambutan dimulainya Rangkaian Bhakti Sosial untuk memperingati Dies Natalis ke-63 UNDIP, yang dilakukan di Halaman Kantor Rektorat, Jumat (2/10/2020).

Pada kesempatan itu, Rektor menyerahkan secara simbolis bantuan paket Sembako, masker, hand sanitizer dan disinfektan kepada masyarakat yang diwakili oleh Lurah Tembalang, Lurah Kramas dan Lurah Bulusan serta Camat Tembalang Kota Semarang . Bantuan tersebut berasal dari IKA UNDIP, JNE, PT Sidomuncul dan PT Jamkrindo.

‘’Dalam rangka Dies Natalis ini kita melakukan banyak kegiatan bakti sosial, yang memang sudah menjadi bagian dari UNDIP yang dilakukan setiap tahun.  Alhamdulillah, kampus kita tercinta sudah 63 tahun, sudah banyak yang kita lakukan. Saya meminta seluruh jajaran UNDIP meningkatkan kepedulian kepada lingkungan manusia dan lingkungan hidup. Ada pepatah pager mangkok lebih kuat dari pada pager tembok. Oleh karenanya, kita memberi mangkok, untuk membantu masyarakat di sekitar kita,’’ katanya.

Menurut Rektor, meski sudah banyak hal yang dilakukan, namun upaya untuk berbuat tidak boleh berhenti. Harus terus dilakukan, berkelanjutan. Dia mencontohkan bukan hanya karena ada pandemi COVID-19 dilakukan bhakti sosial. Universitas yang berada di peringkat atas ini juga terus memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat dan melakukan riset-riset yang bermanfaat untuk masyarakat dan negara.

Baca juga: Pakar Lingkungan UNDIP Ingatkan Pentingnya Iptek Untuk Jaga Ketersediaan Air Tawar

Dilansir dari undip.ac.id, UNDIP juga berkomitmen terus bergerak untuk melayani pendidikan yang berkualitas. Termasuk memberi bantuan bagi mahasiswa dari kelompok yang tidak mampu, yang jumlahnya mencapai ribuan dengan memberikan keringanan dan pembebasan UKT (Uang Kuliah Tunggal) serta melaksanakan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah yang diinisiasi pemerintah.

Ketua Panitia Dies ke-63 yang juga Dekan  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Prof Ir Tri Winarni Agustini MSc PhD, mengatakan ada banyak rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka ulang tahun UNDIP.

Seperti yang dilakukan pada Jumat (2/10/2020) dengan membagikan bantuan berupa 250 liter hand sanitizer (10 derigen @ 20 liter dan 10 derigen @ 5 liter), 150 liter disinfektan (30 derigen @ 5 liter) dan 1.000 pcs masker kain.

Dalam rangkaian acara, pada 15 Oktober 2020 Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, dijadwalkan akan menjadi pembicara dalam orasi ilmiah. Kegiatan lainnya yaitu penanaman pohon di kawasan hutan Penggaron, yakni hutan seluas 99,6 hektar yang ada di Kabupaten Semarang Jawa Tengah yang sudah diserahkan pengelolaannya oleh pemerintah ke UNDIP.  Yang pasti, semua kegiatan yang dilakukan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*