Optimalisasi Host to Host, Bank Jateng Gandeng 35 Perguruan Tinggi

Bank Jateng | Foto: google map gontho pramuhargono
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Bank Jateng terus berupaya untuk menyempurnakan sistem pendukung untuk Host to Host (H2H) agar civitas academica di pendidikan tinggi yang bekerjasama dengan Bank Jateng mendapatkan manfaat dan pelayanan yang lebih baik.

Hingga saat ini, sedikitnya 35 perguruan tinggi dan menengah yang menjadi mitra H2H Bank Jateng. Penyempurnaan dan optimalisasi H2H Edukasi diarahkan ke pemanfaatan teknologi digital sesuai tuntutan zamannya.

Di antaranya terdapat universitas negeri dan perguruan tinggi swasta ternama. Di kalangan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) ada Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Universitas Negeri Tidar Magelang, Polines Undip Semarang, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang dan IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Surakarta.

Untuk  perguruan tinggi swasta (PTS) yang bekerja sama ada Universitas Islam Sultan Agung (Unisula) Semarang, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Univ Stikubank Semarang, UPGRIS Semarang, Univ Muhammadiyah Surakarta, Univ Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Univ Panca Sakti Tegal, Univ Wijaya Kusuma Purwokerto, Univ Muria Kudus dan beberapa universitas swasta lainnya.

Direktur Operasional dan Digital Banking Bank Jateng, Rahadi Widayanto, mengungkapkan strategi yang dilakukan saat ini adalah mengoptimalkan kerja sama yang ada agar kualitas dan kelengkapan layanan yang bisa diberikan lebih maksimal.

Baca juga: Tingkatkan Layanan Kuliah Online, UNDIP Gandeng Bank Jateng Bentuk Smart Classroom

“Artinya, yang dilakukan adalah mengoptimalkan kerja sama yang ada agar masing-masing pihak mendapat benefit yang lebih banyak,” katanya dilansir dari bankjateng.co.id.

Rahadi menuturkan, layanan host to host ini adalah transfer data otomatis dua arah dengan operasionalisasi online banking volume tinggi, sehingga secara otomatis dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan.

Produk ini, lanjutnya diluncurkan pertama kali tahun 2015 untuk melayani pembayaran pajak dan retribusi daerah sehingga pembayaran lebih mudah dilakukan dan pemerintah mendapatkan laporan real time kondisi keuangannya.

Dia menambahkan model layanan H2H kemudian juga dikembangkan untuk lembaga pendidikan, khususnya untuk universitas, politeknik dan sekolah tinggi yang menjadi mitra Bank Jateng.

“Layanan ini selain memudahkan pembayaran dan akses laporan real time, juga menunjang program pemerintah untuk mengurangi transaksi tunai. Secara teknis fitur layanan selain tetap menerima layanan konvensional di kantor operasional, juga bisa dilakukan melalui ATM, mesin EDC (Electronic Data Capture) dan laku pandai,” tuturnya.

Menurut Wiwid, panggilan akrab Rahadi Widayanto, kini kerja sama  H2H dengan lembaga pendidikan tinggi juga didukung dengan digital payment seperti Internet Banking, Mobile Banking, Digital Wallet dan SMS Banking. Namun untuk menerapkannya, akan dilihat urgensi di masing-masing Mitra H2H yang ada.

“Kita sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing universitas yang menjadi mitra,” jelasnya belum lama ini.

Sementara itu terkait penambahan mitra perguruan tinggi, pihaknya kini masih akan fokus memprioritaskan optimalisasi dulu. Pasalnya, sudah banyak perguruan tinggi yang menjadi mitra H2H Bank Jateng yang jumlah mahasiswanya sangat banyak, bahkan untuk yang masukkategori di atas 10 ribu lebih dari 10 universitas. “Kita optimalkan dulu sampai maksimal. Setelah itu, baru kita lakukan ekspansi,” pungkasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*