Tingkatkan Layanan Kuliah Online, UNDIP Gandeng Bank Jateng Bentuk Smart Classroom

Direktur BPD Jateng (Bank Jateng) Edi Setiawan dan Dekan Fakultas Teknik Undip Prof Agung Wibowo dalam launching kerja sama pembentukan Smart Classroom | Foto: dok. Undip
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) terus meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran secara online dengan menghadirkan Smart Classroom, hasil kerja sama dengan Bank jateng. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan visi sebagai universitas unggul berbasis riset.

Dekan Fakultas Teknik Undip Prof Agung Wibowo mengatakan penerapan smart classroom diharapkan menjadi pendukung dalam meningkatkan daya serap pada proses belajar mengajar.

Dia menambahkan Smart classroom menggunakan semua konten interaktif seperti video atau presentasi dan metode yang menarik secara visual dalam pengajaran. Ini menarik para siswa yang sudah susah payah dengan metode mengajar tradisional dalam kelas.

“Hal ini disebabkan karena indera penglihatan dan pendengaran mereka terlibat dan itu membantu mereka untuk mengingat informasi dengan lebih cepat dan efektif. Dengan smart classroom ini siswa diberikan contoh-contoh nyata secara cepat dengan akses internet sesuai dengan materi pelajaran. Proses pembelajaran pada umumnya lebih mudah dilakukan jika melalui media audio visual,” katanya dilansir dari undip.ac.id.

Baca juga: Kelola Dana Pemerintah Rp2 Triliun, Bank Jateng Optimalkan Penyaluran Pembiayaan Sektor Riil

Prof Agung menuturkan Smart Classroom tersebut juga dihubungkan dengan laboratorium multimedia dari departemen teknik komputer FT Undip. “Mereka kita beri tanggung jawab untuk mengelola Smart Class Room ini, sehingga nantinya juga bisa dimanfaatkan sebagai laboratorium,” tambahnya.

Di satu sisi, dalam proses pembangunan Smart Classroom tersebut, selain melalui anggaran dari universitas dan fakultas, pihakya juga mendapat bantuan dana kemitraan. Termasuk salah satunya, dari Bank Jateng.

Dalam sambutannya Direktur BPD Jateng (Bank Jateng) Edi Setiawan mengatakan bahwa maksud dan tujuan BPD memberikan bantuan smart classroom tersebut agar dapat terlaksana dengan baik penggunaannya,

“Selaku BPD Jateng bermitra dengan undip ingin mendukung program- program dekan untuk menciptakan mahasiswa yang mampu bersaing menyongsong globalisasi,” ungkap Edi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*