Hotel Mutiara di Kawasan Malioboro Bakal Jadi Pusat UMKM

Hotel Mutiara | Foto: hotels.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JOGJA – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah membeli Hotel Mutiara yang terletak di jalan Malioboro. Rencananya hotel bintang tiga tersebut akan dijadikan sebuah plaza khusus produk Usaha Menengah kecil Mikro (UMKM) di kawasan wisata tersebut.

Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau bangunan Hotel Mutiara tersebut pada, Rabu 21 Oktober 2020. Sultan berkeliling ke dua bangunan utama hotel tersebut, yakni sisi utara yang terdiri atas empat lantai dan bangunan selatan yang terdiri atas tujuh lantai.

Dari pengecekan awal itu, Sultan berencana merenovasi bagunan utara untuk dijadikan sentra penjualan produk UMKM di Yogyakarta. Renovasi gadung Hotel Mutiara tidak dilakukan besar-besaran, misalkan dengan merobohkan dua bangunan. “Pembenahannya bertahap mulai dari interior untuk display, sehingga tidak boros anggaran,” kata Sultan, seperti dilansir dari Tempo.co.

Baca juga: Kawasan Bandara Kulonprogo Disiapkan Jadi Area Aerotropolis

Pemerintah DI Yogyakarta masih membuat desain agar bangunan bekas hotel itu layak untuk memajang berbagai produk UMKM. Renovasi nantinya disertai penyediaan fasilitas pendukung untuk berjualan karena fungsi gedung ini berubah dari penginapan menjadi tempat belanja.

Sultan menuturkan, UMKM di Yogyakarta terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Ada yang berorientasi pasar lokal hingga ekspor. Dia berharap produk yang sudah terstandarisasi dipajang di Plaza UMKM Malioboro itu dan di sentra UMKM Bandara Yogyakarta International Airport atau Bandara YIA.

Sekretaris DI Yogyakarta, R. Kadarmanta Baskara Aji mengatakan setelah membeli Hotel Mutiara, langkah pertama yang diterapkan adalah mengkaji keseluruhan kondisi gedung. “Setelah kajian gedung selesai, tahun depan sudah jadi detil engineering design lalu uji kontruksi bangunan,” ujarnya.

Dengan memusatkan pemasaran UMKM melalui etalase yang representatif di jantung wisata Yogyakarta itu, Aji berharap, pertumbuhan ekonomi masyarakat kian bagus dan target wisatawan yang disasar dapat naik kelas. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*