Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

75.699

76.981

2%

Kasus Baru

1.681

1.282

-24%

Update: 13 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Pemerintah Cheska Tertarik Garap Kereta Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo

Ilustrasi | Foto: inews.id/tribunnews.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Pemerintah Republik Cheska menyatakan keinginannya untuk menggarap proyek transportasi kereta bandara yang menghubungkan Yogyakarta International Airport (YIA) ke sejumlah daerah di Jogja.

Hal itu dinyatakan dalam pertemuan dengan berkeinginan menggandeng Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di bidang transportasi yakni Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Senin, (9/12) di Kompleks Kepatihan, Jogja.

Dalam keterangan remi Pemda DIY, Sekretaris Negara Menteri Urusan Luar Negeri Republik Cheska Miloslav Stasek mengungkapkan keinginannya untuk bekerja sama dalam hal transportasi yang akan dilakukan oleh beberapa perusahaan asal Cheska yang terkait dengan kereta.

“Kerja sama ini sudah terkonsolidadi dan akan dilakukan dengan PT KAI [Kereta Api Indonesia]. Namun, memang lokasi kerja sama ada di Jogja. Pertama, akan ada kereta yang menghubungkan bandara dengan Kota Yogyakarta, kedua, bandara dengan objek wisata Borobudur,” kata Sri Sultan.

Sri Sultan mengatakan pembicaraan terkait kerja sama di bidang transportasi ini sudah diinisiasi sejak tahun lalu. Pihak PT KAI juga sudah melakukan pengecekan.

Baca juga: Pembayaran Ganti Rugi Lahan Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen Belum Dipastikan

Nantinya, kereta menghubungkan bandara dengan Kota Yogyakarta adalah model kereta dari Cheska yang berstandar Jerman, tetapi dengan harga lebih murah.

Sementara itu, Miloslav Stasek mengatakan kedatangannya untuk bertemu dengan Gubernur DIY ialah membicarakan potensi yang bisa dikerjasamakan antara DIY dan Republik Cheska.

Dalam hal ini bidang yang menjadi sasaran kerja sama ialah transportasi yakni penyediaan kereta sebagai pilihan transportasi terbaik untuk menghubungkan beberapa tempat di DIY.

“Sudah ada pembicaraan untuk kami ikut berpartisipasi terkait konektivitas yang menghubungkan antara bandara yang baru dengan Kota Yogyakarta, serta bandara dengan Borobudur dan sudah ada minat yang ditunjukkan beberapa perusahaan Cheska untuk kerja sama ini,” paparnya.

Stasek juga mengungkapkan pihaknya berdiskusi terkait penyediaan transportasi bagi warga Cheska untuk ke Yogyakarta. Dengan adanya jalur penerbangan dari Cheska ke Yogyakarta, dia berharap tidak hanya warga Cheska yang terfasilitasi, tapi juga warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Cheska.

“Bagi kami Yogyakarta merupakan daerah pariwisata utama, sehingga harus dipikirkan pula kedatangan turis asal Cheska. Karena itu, kami juga mendiskusikan membuka penerbangan langsung dari Cheska,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*