700 Karyawan Garuda Diputus Kontrak Mulai Bulan Depan

Ilustrasi | Foto: selangorjournal.my
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra mengatakan perseroannya akan memutus kontrak 700 karyawannya per 1 November 2020. Langkah ini sebagai upaya penyelamatan perusahaan di tengah krisis pandemi Covid-19.

“Kebijakan tersebut merupakan keputusan sulit yang terpaksa kami ambil setelah melakukan berbagai upaya penyelamatan untuk memastikan keberlangsungan perusahaan di tengah tantangan dampak pandemi,” tutur Irfan, dilansir dari Tempo.co, Selasa, 27 Oktober 2020.

Irfan menjelaskan keputusan diambil di tengah situasi yang masih penuh dengan ketidakpastian. Dia pun memandang situasi krisis ini di luar perkiraan karena berimbas bagi bisnis jangka panjang. Sampai sekarang, kondisi juga belum menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Adapun karyawan yang kontraknya diputus adalah mereka yang sejak Mei 2020 menjalani kebijakan unpaid leave imbas turunnya demand layanan penerbangan pada masa pandemi. Melalui penyelesaian kontrak lebih awal tersebut, Irfan menjamin perusahaan akan memenuhi seluruh hak karyawan.

Hak itu termasuk pembayaran di awal atas kewajiban perusahaan terhadap sisa masa kontrak. Dia memastikan kepentingan karyawan merupakan prioritas utama bagi perseroan. Irfan lalu menyampaikan terima kasih kepada karyawan yang terdampak pemutusan kontrak.

“Kami yakini segala langkah dan upaya perbaikan yang terus akan kami lakukan ke depan dapat mendukung upaya pemulihan kinerja Garuda Indonesia agar dapat bertahan melewati krisis pada masa pandemi dan menjadi penguat pondasi,” ujarnya.

Baca juga: Dampak Covid-19 Garuda Indonesia PHK 181 Pilot dan Rumahkan 800 Karyawan Kontrak

Irfan mengakui kondisi saat ini menjadi tantangan yang berat bagi perseroan. Kebijakan tersebut, tutur dia, merupakan keputusan sulit setelah perusahaan melakukan berbagai upaya penyelamatan keberlangsungan usaha.

“Di luar perkiraan kami, kondisi pandemi ini memberikan dampak jangka panjang terhadap kinerja perusahaan,” ucapnya. Irfan pun menyampaikan terima kasih kepada karyawan yang terdampak kebijakan ini. Irfan berharap Garuda dapat melewati tantangan krisis ke depan.

Sebelumnya Staf khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Arya Sinulingga, mengatakan bahwa kementeriannya mempersilakan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. untuk mengambil kebijakan efisiensi di tengah pukulan wabah Covid-19. Pernyataan tersebut menanggapi langkah perseroan yang memangkas jumlah pilotnya dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) baru-baru ini.

“Kami serahkan kepada manajemen Garuda untuk menghitung dampak dari Corona, kosekuensi terhadap bisnisnya, termasuk efisiensi-efisiensi yang dilakukan supaya tetap bisa bertahan dan beroperasi,” ujar Arya Sinulingga dalam konferensi video.

Arya meyakini, manajemen Garuda pasti memiliki berbagai pilihan yang sulit dalam kondisi pandemi. Jadi, menurut dia, kebijakan itu pasti diambil dengan sudah melalui pertimbangan yang matang oleh manajemen. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*