Jadwal Berubah, Kegiatan Awal Semester Mahasiswa Baru UNDIP Mulai 14 September

Universitas Diponegoro | Foto: google Aji Indonesia
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) merevisi jadwal kegiatan penerimaan dan perkuliahan awal semester gasal Tahun Akademik 2020/2021 yang tadinya mulai 8 September, menjadi 14 September mendatang.

Hal ini tertuang dalam dalam pengumuman Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH, M.Hum Nomor : 61 / UN7.P / PENG / 2020 terkait perubahan jadwal kegiatan penerimaan dan perkuliahan, awal semester gasal TA 2020/2021.

“Kegiatan perkuliahan awal semester akan dimulai pada 14 September 2020. Sebagian besar akan dilakukan dalam jaringan (Daring) melalui Microsoft Teams. Untuk itu, penting bagi mahasiswa baru untuk memastikan akun Single Sign On (SSO) dalam kondisi aktif,” kata Rektor dalam pengumumannya.

Dalam pengumuman tersebut, peserta upacara penerimaan mahasiswa baru secara virtual wajib mengenakan pakaian atasan baju putih lengan pendek – bawahan celana panjang hitam bukan jeans bagi mahasiswa pria.

Untuk wanita, mengenakan  atasan baju putih lengan panjang/ pendek – bawahan rok hitam panjang/ pendek (bagi yang berhijab menyesuaikan).

Adapun  mekanisme proses belajar mengajar, serta pengenalan kampus akan dilakukan mulai 15 – 16 September 2020  pukul 08.00 – 16.00 WIB oleh masing-masing Fakultas/ Sekolah/ PSDKU.

“Dalam agenda ini, mahasiswa baru akan diberi penjelasan tentang peraturan akademik, mekanisme proses belajar mengajar, serta pengenalan kampus secara daring dengan fakultas masing-masing,” kata Prof Yos.

Sementara itu, awal kuliah online dimulai 17 September 2020, yang selanjutnya akan diinformasikan oleh Fakultas/ Sekolah/ PSDKU Daring. Pakaian bebas rapi menyesuaikan fakultas masing-masing.

Prof Yos menuturkan, untuk pelaksanaan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru akan diselenggarakan pada 18 – 20 Januari 2021 pukul 08.00 – 16.00 WIB, yang dilakukan secara firtual maupun pertemuan fisik.

“Untuk pelaksanaan pendidikan karakter ini tentunya akan menyesuaikan kondisi, mengingat kita tidak tau kapan pandemi Covid-19 berakhir, harapannya wabah ini segera berlalu,” ujarnya.

Baca juga: Gedung Kampus PSDKU UNDIP di Batang Mulai Dibangun, Bakal Jadi Role Model

Adapun untuk Orientasi Diponegoro Muda (ODM) akan dilaksanakan pada 23 Januari 2021 yang akan diinformasikan lebih lanjut teknis pelaksanaanya, menyesuaikan kondisi apakah ini nantinya melalui mekanisme dalam jaringan atau luar jaringan.

Sementara itu, untuk tes kesehatan akan dilakukan beberapa point yajni tes bebas narkoba bagi seluruh mahasiswa baru, kemudian tes buta warna bagi program studi yang mensyaratkan hasil pemeriksaan kesehatan mata.

Selanjutnya ada tes psikometri khusus bagi mahasiswa yang mengikuti program studi yang menysaratkan hasi pemeriksaan psikometri. Adapun untuk tes fisik akan diinformasikan lebih lanjut melalui Website: rsnd.undip.ac.id.  dan melalui laman www.undip.ac.id.

Sementara itu, pedoman kegiatan akademik mahasiswa dapat diunduh melalui website baa.undip.ac.id. Di antaranya terkait Peraturan Akademik berdasarkan Peraturan Rektor Nomor 13 Tahun 2018 tentang Peraturan Akademik Bidang Pendidikan Program Vokasi Universitas Diponegoro.

Kemudian Peraturan Rektor Nomor 4 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Bidang Pendidikan Program Sarjana Universitas Diponegoro. Peraturan Rektor Nomor 5 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Bidang Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro b. Kalender Akademik Tahun Akademik 2020/2021.

Diinformasikan bagi mahasiswa yang belum memiliki atau bermasalah dengan akun SSO, dapat menghubungi Helpdesk IT Undip melalui: – email helpdesk@live.undip.ac.id atau – tiket ke aplikasi helpdesk.undip.ac.id atau – chat online haloundip.

“Pastikan selalu memantau akun SSO, karena link terkait proses pembelajaran akan dikirimkan melalui email SSO,” pungkas Rektor. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*