Dicetak Hanya 75 Juta Lembar, Ini Makna Uang Edisi Khusus Pecahan Rp75.000

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng Soekowardojo (kanan) menyerahkan cinderamata berupa Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Rp75.000 kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo | Foto: bisnis.com/ayosemarang.com
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Bank Indonesia (BI) bersama dengan Kementerian Keuangan secara resmi meluncurkan uang kartal bernominal Rp75.000 edisi khusus Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke-75 Republik Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pengeluaran uang tersebut bukan merupakan pencetakan uang baru yang akan diedarkan secara bebas untuk menambah likuiditas.

UPK pecahan Rp75.000 merupakan jenis Uang Peringatan (commemorative money) yang diterbitkan secara khusus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 pada tahun ini. UPK tersebut hanya dicetak terbatas yakni 75 juta lembar.

“Kami menekankan bahwa peluncuran uang ini bukan untuk mencetak uang baru, namun diluncurkan dalam memperingati peristiwa kemerdekaan Indonesia yang pada tahun ini telah mencapai usia 75 tahun,” katanya, dalam acara peluncuran uang pecahan baru yang disiarkan secara virtual pada Senin (17/8/2020).

Acara peluncuran uang kertas tersebut juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Soekowardojo bersama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara daring di kompleks Kantor Gubernur Jateng di Jalan Pahlawan Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, Soekowardojo menjelaskan makna di balik UPK Rp75.000 yang baru diluncurkan tersebut. “Ada tiga makna yang tersirat yakni mensyukuri kemerdekaan Indonesia, memperkuat kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang,” katanya.

Baca juga: Keren, 5 Ventilator Inovasi Indonesia Kantongi Izin Edar

Mensyukuri Kemerdekaan, digambarkan dengan peristiwa Pengibaran Bendera pada saat proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945, gambar proklamator Soekarno-Hatta, serta gunungan yang memiliki filosofi pembuka dan permulaan lembaran baru.

Memperteguh Kebhinekaan, digambarkan dengan anak-anak Indonesia yang menggunakan pakaian adat yang mewakili daerah barat, tengah, dan timur NKRI, serta beragam kain motif Nusantara yakni tenun gringsing Bali, batik kawung Jawa, dan songket Sumatera Selatan yang menggambarkan kebaikan, keanggunan dan kesucian.

Menyongsong Masa Depan Gemilang, digambarkan dengan Satelit Merah Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI, peta Indonesia Emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam kancah global, serta anak Indonesia yang digambarkan sebagai SDM unggul di era Indonesia Maju.

Lebih lanjut Soekowardojo mengatakan bahwa UPK pecahan Rp75.000 tersebut bisa diperoleh oleh masyarakat umum melalui prosedur yang ditetapkan yakni terlebih dahulu mendaftarkan diri di https://pintar.bi.go.id. BI membatasi UPK Rp75.000 hanya bisa didapatkan 1 lembar per 1 KTP.

“Dalam sehari kami dapat  melayani 150 lembar penukaran UPK Rp75.000 di setiap kantor BI,” tuturnya, seperti dikutip dari bisnis.com.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi orang pertama di Jateng yang memiliki uang edisi khusus tersebut. Seusai mengikuti peluncuran secara virtual di kantornya, Ganjar mendapat cinderamata uang tersebut dari Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jateng. (lna)

2 Komentar

  1. Inilah kurang lebih gambaran penanganan kesulitan ekonomi yang dialami di negara kita atau NKRI. Bukannya membenahi penyaluran bansos atau stimulus yg masih pada nyasar terus sampai saat ini, walaupun katanya data-data sudah dibenahi atau sudah dibuat web site jaga dan bisa diakses di internet atau hp wifi, eehh….malah nyetak duit dulu yg dilakukan. Katanya menkeu SRI Mulyani pemberian stimulus di bidang ekonomi termasuk pemberian bansos covid 19, BLT, bantuan Rp. 600.000 perbulan selama empat bulang untuk para pekerja yg terdaftar di BPJS kesehatan, Kartu Pra Kerja, dll itu bertujuan untuk meningkatkan daya beli si penerima sehingga bisa menggerakkan ekonomi negara dan akhirnya dapat membantu nilai pertumbuhan ekonomi negara. Semua itu saja belum pada beres penyalurannya atau masih saja ada yg nyasar-nyasar ke orang yg kategorinya mampu. Lalu bagaimana ekonominya mau bisa bergerak banyak ? karena rakyat berkategori belum mampu masih saja banyak yg belum dapat bantuan. Benar-benar kualitas abal-abal si Jokowi ini dan juga para pembantunya. Yah mau bagaimana lagi, di NKRI ini pejabat negaranya hasil settingan atau jual beli sih. Bagaimana negara kita mau dapat pemimpin yg kredibel, jujur dan juga amanah ?

  2. Benar tuh kata Bpk. Agustinus, saya sangat setuju. Oh iya rakyat Indonesia diharap berhati-hati karena ada beberapa kumpulan orang atau kelompok ataupun sendiri-sendiri yg dikenal sebagai pengkritik Presiden Jokowi, akan tetapi padahal sebanarnya masih orangnya si Jokowi sendiri, contohnya kelompok KAMI atau Koalisi Menyelamatkan Indonesia, para pengkritik-pengkritik di Radio Politik AM 810 dengan penyiar Adnan M Balfas yg menjadi bagian Dewan Warga dan juga berteman dg KAMI, yg berpura-pura juga sebagai pengkritik Presiden jOKOWI, padahal sebenarnya mereka semua berteman atau sedang berakcting sbg pengkritik saja. Ini juga termasuk yg mengkritik sendiri-sendiri seperti contohnya duo F atau Fahri Hammzah dan juga Fadli Zon. Pihak penguasa dan orang-orangnya di BIN sengaja merekayasa para pengkritik gadungan itu agar seolah-olah ada Demokrasi yg dijalankan di NKRI ini, dan juga agar jika nanti terjadi pergantian kepemimpinan di NKRI maka orang-orangnya merekalah yg tetap menggatikannya menjadi si pemimpin baru negara ini. Pokoknya rakyat Indonesia semuanya harus berhati-hati terhadap permainan politik kotor atau sandiwara politik kotor yg mereka atau si penguasa dan juga yg berpura-pura menjadi pengkritiknya di NKRI. Hanya ada sedikit pengkritik yg jujur di NKRI dan tidak bergabung dg mereka.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*