Trump Klaim Tingkat Kematian Akibat Covid-19 AS Terendah di Dunia

Donald Trump | Foto: dunfermlinepress.com
Mari berbagi

JoSS, AMERIKA SERIKAT – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim tingkat kematian akibat virus corona di negaranya terendah di dunia. Hal itu disampaikan Trump dalam sebuah wawancara dengan Fox News pada Minggu (19/7)

Sementara itu data Johns Hopkins University mencatat AS terpapar parah wabah virus corona paling mematikan di dunia, dengan lebih dari 3,7 juta kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 140 ribu kematian.

“Saya dengar kami memiliki tingkat kematian (Covid-19) paling rendah, mungkin paling rendah di dunia,” kata Trump kepada pembawa acara Fox News Sunday, Chris Wallace.

Dia kemudian meminta angka tersebut kepada Sekretaris Pers Gedung Putih, Kayleigh McEnany, yang tidak ada di depan kamera. “Apakah Anda memiliki (angka) pastinya? Saya dengar kami memiliki tingkat kematian terbaik,” ujarnya seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Kemudian McEnany memberikan Trump selembar kertas. Trump pun menunjukkannya kepada Wallace. “Urutan pertama tingkat kematian terendah”. Tak lama berapa lama Trump menyerang Wallace yang menurutnya telah melaporkan ‘berita palsu’.

“Anda bilang kami memiliki tingkat kematian terburuk di dunia, kami memiliki (angka kematian) terbaik,” kata Trump.

Namun berdasarkan data, AS merupakan negara dengan salah satu tingkat kematian tertinggi akibat virus corona di dunia.

Baca juga: Penambahan Kasus Baru Covid-19 71 Ribu Sehari, AS Kembali Catatkan Rekor Tertinggi

Bahkan AS menjadi negara terburuk dari beberapa negara yang terdampak paling parah seperti Brasil, Meksiko, dan Rusia, menurut data yang dikumpulkan oleh Johns Hopkins University.

Amerika Serikat menempati urutan ke-8 dalam total kematian akibat Covid-19 per 100 ribu orang. Posisi AS masih lebih rendah dibandingkan beberapa negara Eropa dan Chili. Namun jumlahnya lebih tinggi dari negara Amerika Selatan dan Asia yang terdampak paling parah.

Menurut Wallace, data yang ditunjukkan Trump hanya jumlah kematian terkonfirmasi di suatu negara dibagi dengan jumlah kasus yang dikonfirmasi. Ini menjadi masalah, karena sangat bergantung pada seberapa banyak pengujian yang dilakukan di suatu negara.

Sebuah negara yang secara konsisten menguji populasi umum akan memiliki tingkat fatalitas kasus yang sangat rendah. Sementara negara yang hanya menguji orang sakit di rumah sakit akan memiliki fatalitas atau tingkat kematian yang sangat tinggi.

Meskipun demikian, menurut Johns Hopkins, AS berada di peringkat 60 teratas sebagai negara dengan angka kematian tertinggi, hampir sama dengan Brasil dan Peru. Bahkan lebih buruk dari belasan negara lain.

Dengan kata lain, pernyataan Trump yang mengatakan bahwa AS memiliki angka kematian “terbaik” tidaklah benar. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*