COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

113.134

115.056

2%

Kasus Baru

1.679

1.922

14%

Update: 4 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama Serahkan Estafet Kepemimpinan FRI Kepada Rektor IPB

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama, Ketua FRI 2019 | Foto JoSS.co.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Rektor Undip prof Yos Johan Utama selaku Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) masa kerja 2019-2020 menyerahkan estafet kepemimpinan kepada Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria SP MSi selaku Ketua FRI 2020.

Pada Konferensi Forum Rektor Indonesia sekaligus Konvensi Kampus XVI dan Temu Tahunan XII yang dilakukan secara virtual, pada Sabtu (3/7) Prof Yos mengatakan dalam kepemimpinannya setahun terakhir perguruan tinggi dituntut untuk beradaptasi dengan teknologi digital 4.0 secara cepat.

Apalagi dengan hadirnya Pandemi Covid-19 yang mengharuskan kegiatan perkuliahan dilakukan secara online (dalam jaringan) membuat revolusi industri 4.0 datang lebih cepat. Padahal, sebelumnya diprediksi bakal terealisasi pada 3 tahun mendatang,

“Pada 2019 kita masih berbicara soal revolusi industri 4.0 yang diperkirakan terjadi pada 3 tahun mendatang, namun hadirnya pandemi virus corona yang mengharuskan adanya pembatasan jarak sosial sehingga perkuliahan tidak bisa dilakukan tatap muka, membuat revolusi industri datang lebih cepat. Kini kita hadapi perubahan total,” katanya.

Dia menambahkan, perguruan tinggi dituntut berubah secara cepat dalam hal kecakapan menggunakan aplikasi, kuliah dalam jaringan dan mengatasi beberapa kendala, seperti akses jaringan, SDM dan tingginya biaya paket data internet.

‘Sementara kita mempersiapkan menuju E-Learning, proses perkuliahan harus tetap berjalan dengan penyesuaian-penyesuaian kondisi pandemi covid-19 yang harus dilakukan secara cepat,” tuturnya.

Baca juga: Undip Siapkan Sejumlah Prodi Berbasis Market Demand

Untuk itu Prof Yos berharap pemerintah dapat membantu mahasiswa dan dosen dalam proses pendidikan, yakni dengan kebijakan membebaskan atau paling tidak menanggung pembiayaan penggunaan internet.

“Pembebasan biaya internet bagi mahasiswa dan dosen sebagai bentuk tanggung jawab negara bagi pendidikan,” kata Rektor Universitas Diponegoro ini yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden RI, Sabtu (3/7).

Dalam forum tersebut, Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu selaku Ketua Dewan Pertimbangan FRI 2019 juga mengumumkan Ketua FRI 2021 terpilih adalah Rektor UGM Yogyakarta, Prof Ir Panut Mulyono MEng, Deng.

Diketahui, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama merupakan Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) untuk masa bakti 2019-2020 yang dipilih dalam konferensi dan temu tahunan ke XX FRI 2018 di Universitas Hasanuddin Makassar pada 14-15 Februari 2018.

Forum Rektor Indonesia merupakan lembaga normative dan wadah komunikasi serta pertukaran ide, gagasan, dan strategi antar pimpinan perguruan tinggi seluruh Indonesia yang mampu memberikan alternatif solusi dan saran strategis kepada pemerintah dan masyarakat terkait dengan perkembangan, regulasi, dan peningkatan pendidikan tinggi di Indonesia.

FRI adalah forum para rektor PTN, PTS, Perguruan tinggi kedinasan dan perguruan tinggi keagamaan.  Jumlah anggotanya lebih dari 527 rekktor perguruan tinggi di Indonesia. FRI di deklarasikan di Bandung 1998, di mana Rektor Institut Teknologi Bandung1997-2001 Prof Lilik Hendrajaya sebagai pendiri sekaligus Ketua pertama FRI 1998.

Adapun Rektor Undip yang pernah menjabat sebagai ketua FRI adalah Prof Eko Budiarjo, yakni sebegai ketu FRI ke lima, pada periode 2001-2002. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*