COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Mulai Dibangun November 2020, Ruas Tol Solo-Klaten Dimulai dari Prambanan

Ilustrasi | Foto: pngimg.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Ruas tol Solo-Klaten yang merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Solo-Jogja bakal mulai dibangun pada November mendatang. Rencananya akan dimulai dari Prambanan. Sementara itu Pemerintah DIY memastikan segera melakukan pembebasan lahan Agustus mendatang.

Tadi malam saya dapat laporan dari PT Adhi Karya, bahwa Yogyakarta sudah siap. Jadi rencananya ruas yang Solo-Klaten akan dimulai dari Prambanan. Kalau Jateng sudah siap lama, kami sudah menyiapkan semuanya termasuk penlok (penetapan lokasi) juga sudah siap,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo belum lama ini.

Dia menuturkan, hal itu bersamaan dengan pihak pemerintah Provinsi DIY yang juga segera memulai untuk membebaskan lahan pada bulan depan.

“Koordinasi kami dengan Yogyakarta sudah intens. Dengan kabar bahwa Yogyakarta sudah siap, menurut saya lebih bagus. Tinggal segera dilakukan pengerjaan. Kami tentu akan memberikan bantuan apabila dibutuhkan,” ucapnya.

Dari laporan PT Adhi Karya selaku kontraktor, pengerjaan fisik Tol Solo-Yogyakarta itu lanjut Ganjar akan dimulai pada bulan November tahun ini.

“Sudah dilaporkan ke saya, November dilaksanakan. Tapi soal rentang waktu kapan selesainya, saya kurang hafal. Kalau tidak salah, dua tahun ya waktunya,” katanya.

Proyek tol Solo-Yogyakarta merupakan salah satu proyek strategis nasional. Ruas jalan tol yang akan dibangun di proyek tersebut yakni 54 km dengan nilai investasi diperkirakan sebesar Rp21 triliun. (k28)

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan HB X memastikan trase tol Jogja-Solo tidak akan berubah lagi. Untuk itu, pembebasan lahan dan pemasangan patok sudah bisa dilakukan mulai Agustus mendatang.

Baca juga: Tak Ada Perubahan Trase, Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Mulai Agustus Mendatang

“Tidak ada perubahan lagi. Sesuai IPL, sudah disepakati semua pihak yang tanahnya bisa segera dibebaskan,” kata Sultan.

Karena IPL sudah terbit, pemasangan patok dan pembebasan lahan sudah bisa dimulai Agustus mendatang dan diharapkan selesai pada pertengahan 2021, sehingga pembangunan bisa dimulai 2022.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, meminta pembangunan tol harus bersinergi dengan pemulihan ekonomi pasca covid-19.

“Kuncinya di sinergi dan perencanaan. Pekerjaan apa saja yang bisa disinergikan, bagaimana pelibatan pengusaha dan tenaga kerja lokal, bagaimana exit toll dan setting ekonominya dan sebagainya,” katanya.

Ia juga minta agar proyek ini dilaksanakan secara transparan sejak awal dan direncanakan secara baik, termasuk sisi keuangannya. Kontraktor kata dia, jangan sekedar mau menang sendiri.

Dikutip dari HarianJogja.com, proses sosialisasi tol trase Jogja-Bawen telah dimulai Rabu (8/7/2020) dengan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dan perwakilan Kepala Desa di kantor Bupati Sleman. Tim Persiapan pun mulai bekerja selama 130 hari kerja.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY yang juga bertindak sebagai Sekretaris Tim PersiapanTol Trase Jogja-Bawen, Krido Suprayitno, menuturkan terdapat tujuh desa di tiga Kecamatan yang terlewati trase Jogja-Bawen. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*