COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Masyarakat Jogja Dapat Segera Nikmati Layanan Teman Bus, Gratis

Ilustrasi | Foto: skyscrapercity.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JOGJA – Jogja menjadi salah satu kota yang disasar oleh program Teman Bus yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Selain Jogja, Teman Bus juga mengaspal di empat kota lainnya, yakni Palembang, Sumatra Selatan; Solo, Jawa Tengah; Medan, Sumatra Utara; dan Denpasar, Bali.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan Teman Bus akan mengaspal di lima kota tersebut mulai bulan ini. Dia mengatakan ada standar pelayanan minimal yang wajib dipenuhi operator sistem transportasi massal berbasis armada berkapasitas 40 penumpang tersebut.

Budi mengatakan pemerintah menetapkan standar pelayanan minimal (SPM) kepada operator sehingga Teman Bus memiliki keunggulan dan beragam kelebihan dibandingkan dengan angkutan umum lain, dan bahkan jika dibandingkan dengan kendaraan angkutan pribadi. “Digulirkannya program ini harapannya adalah semakin banyak masyarakat yang menggunakan angkutan umum,” ujar Budi seperti dikutip situs resmi Kementerian Perhubungan, Selasa (14/7/2020).

Saat ini, kata dia, Teman Bus sudah beroperasi di Palembang dan Solo.  “Kota berikutnya yang akan memiliki Teman Bus adalah Medan, Jogja, dan Denpasar,” ucap dia.

Sekadar diketahui, Teman Bus adalah kependekan dari transportasi ekonomis, mudah, andal, dan nyaman. Program ini merupakan pengembangan angkutan umum massal berbasis jalan di wilayah perkotaan yang dirancang Direktorat Angkutan Jalan, Dirjen Perhubungan Darat.

Baca juga: Mau Plesiran ke Jogja, Wisatawan Wajib Unduh Aplikasi Ini

Teman Bus dikelola dengan standar manajemen pengelolaan yang andal dan menerapkan monitoring dan evaluasi terhadap sistem operasional kendaran, meliputi sistem operasional, sistem pemeliharaan, sistem pengelolaan keuangan, dan sistem sumber daya manusia yang didukung dengan digitalisasi secara real time.

“Teman Bus memiliki standar kualitas dan pelayanan prima, terutama pada aspek keselamatan,. Setiap armada wajib memiliki CCTV dan dan tombol hazard. Setiap sopir wajib ber-ID. Selain itu, memiliki standar keselamatan tinggi antara lain dengan menerapkan standar pengoperasian kendaraan, standar operasi keadaan darurat,” ucap dia.

Budi menambahkan Teman Bus dibangun dengan skema buy the service (BTS) yang menggunakan pendekatan push and pull strategy.

Push strategy diterapkan untuk mendorong masyarakat menggunakan angkutan umum, salah satunya dengan manajemen ruang dan waktu akses kendaraan pribadi dengan pengaturan ruang jalan dan parkir.

Sementara pull strategy menempatkan pemerintah untuk menarik dan mengajak masyarakat menggunakan angkutan umum dengan memberikan lisensi kepada operator dan prioritas bagi angkutan massal perkotaan agar menghasilkan layanan terbaik.

Terkait dengan tarif, saat ini diberikan gratis kepada masyarakat yang naik layanan transportasi Teman Bus. Layanan ini juga dilengkapi aplikasi mobile untuk memudahkan penumpang mendapatkan informasi rute, titik halte, dan jadwal keberangkatan bus. “Pemerintah akan menyubsidi 100 persen biaya operasional kendaraan yang diperlukan sehingga masyarakat dapat menikmati Teman Bus dengan gratis.” (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*