Kustini dan Bambang Kantongi Rekomendasi PDIP Pada Pilkada Sleman dan Gunungkidul

Kolase, Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa maju pada Pilkada Sleman (kiri) - Bambang Wisnu Handoyo dan Benyamin Sudarmadi Pilkada Gunungkidul | Foto: gatra.com/harianjogja.com
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – DPP PDIP memberikan rekomendasi kepada pasangan Kustini Sri Purnomo – Danang Maharsa untuk maju pada Pilkada Sleman. Sedangkan untuk Pilkada Gunungkidul yakni pasangan Bambang Wisnu Handoyo dan Benyamin Sudarmadi.

Kustini adalah aktivis perempuan sekaligus istri Bupati Sleman sekarang Sri Purnomo. Sedangkan Danang adalah kader PDI Perjuangan yang saat ini menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sleman (Fraksi PDI Perjuangan).

Untuk Pilkada Gunungkidul, PDI Perjuangan mengusung Bambang Wisnu Handoyo (calon bupati) dan Benyamin Sudarmadi (calon wakil bupati). Bambang Wisnu Handoyo yang akrab disapa BWH adalah seorang birokrat di lingkup Pemerintah DIY yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DIY.

Sedangkan Benyamin berlatar belakang pengusaha. Jauh sebelum ini, PDI Perjuangan sudah mengumumkan pasangan calon yang dijagokan untuk Pilkada Bantul yaitu Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo.

Dikutip dari krjogja.com, Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Nuryadi menargetkan memenangi semua Pilkada 2020 di DIY yaitu Sleman, Bantul dan Gunungkidul. Dirinya sangat paham, bahwa dalam Pilkada sebelumnya PDI Perjuangan meraih hasil tidak baik.

“Kali ini kami akan menerapkan metode baru untuk memenangi ini (Pilkada). Metode ini sudah terbukti berhasil, antara lain dalam pemenangan Ganjar Pranowo melawan incumbent Bibit Waluyo di Pilkada Jawa Tengah, juga pemenangan Joko Widodo dalam Pilkada DKI Jakarta melawan incumbent Fauzi Bowo,” terang Nuryadi kepada wartawan usai rapat virtual dengan DPP di Hotel Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta.

Menurut Nuryadi, meskipun PDI Perjuangan mengusung calon sendiri dalam Pilkada 2020, namun PDI Perjuangan membuka ruang bagi partai politik lain untuk mendukung dan bekerja sama.

Baca juga: Masyarakat Jogja Dapat Segera Nikmati Layanan Teman Bus, Gratis

“Secara aturan kami (PDI Perjuangan) boleh mengusung calon sendiri karena memenuhi syarat (minimal memiliki 20 persen kursi di parlemen). Jadi untuk mengusung itu ada aturannya (diatur UU), tapi untuk dukungan kami terbuka, siapapun (parpol) boleh mendukung paslon yang diusung PDI Perjuangan,” terangnya.

Nuryadi menyadari penyebab kegagalan dalam Pilkada sebelumnya karena PDI Perjuangan di DIY tidak kompak. Maka dengan metode baru yang akan diterapkan ini, Nuryadi yakni akan bisa menyatukan seluruh unsur PDI Perjuangan di DIY untuk memenangkan Pilkada.

Selain itu, para paslon harus dekat dengan rakyat dan bisa memberi solusi atas kesulitan atau masalah yang sedang dihadapi rakyat. “Kita akan jual/branding paslon kita. Dan tak kalah penting, paslon harus bisa dipercaya rakyat,” katanya. ‘

BWH mengaku bersyukur mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan untuk maju sebagai cabup di Pilkada Gunungkidul.

Menurutnya sesuai amanat Ketua Umum Partai bahwa seorang pemimpin harus memahami masalah rakyat, maka dirinya akan memprioritaskan membangun kemandirian desa, karena yang tahu persis masalah di level akar rumput adalah kepala desa.

“Nantinya kami akan bersama-sama dengan desa menggerakkan ekonomi, sosial, budaya yang ada di Gunungkidul. Jargon saya ‘Ora Mbrebeki Ning Ngrampungi’ atau jangan banyak bicara tapi selesaikan masalah dengan tindakan nyata,” katanya.

Sedangkan Kustini berkomitmen akan lebih meningkatkan program-program yang sebelumnya telah berjalan bagus di Sleman di bawah Bupati Sri Purnomo. Dirinya akan mewujudkan Sleman Cerdas dan Berdaya Saing Tinggi dengan memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dengan didukung kemajuan teknologi digital. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*