Jateng dan DIY Jalin Kerjasama Penguatan Sinyal Internet di Daerah Perbatasan

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum, menerima kunjungan Ketua Komisi A DPRD DI Yogyakarta Eko Suswanto, bersama Kepala Diskominfo DI Yogyakarta Rony Primanto Hari,  Senin (13/7/2020) | Foto: jatengprov.go.id
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Eko Suswanto menyatakan pentingnya kerjasama dua wilayah untuk memperkuat sinyal internet di lima daerah yang merupakan perbatasan Jateng dan DIY.

Hal itu dilakukan untuk mendukung para siswa dalam menjalani pendidikan secara dalam jaringan di masa pandemi Covid-19. Kebutuhan jaringan internet sangat dibutuhkan karena belum semua sekolahan dapat melakukan pembelajaran tatap muka pada pembukaan tahun ajaran baru yang dimulai serentak 13 Juli 2020 ini.

Hal itu mengemuka dalma kunjungannga ke Jawa Tengah yang diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum, Senin (13/7/2020). Kunjungan itu dalam rangka penjajakan kerja sama terkait sosialisasi bersama pencegahan Covid-19, dan penguatan jalur internet di perbatasan Jateng-Yogyakarta.

“Saat ini siswa-siswi kita sedang melaksanakan sekolah dari rumah, Contohnya di perbatasan Gedangsari (Gunungkidul) dengan Gantiwarno (Klaten). Namun di sana (Gedangsari) mengalami kesulitan akses internet. Karena kerja sama antarprovinsi butuh palilah (restu) dari pemerintah pusat, maka kami ingin Kominfo (Jateng dan DIY) duduk bareng dan melakukan beberapa hal tadi,” ujarnya.

Baca juga: Rektor Undip Selaku Ketua FRI 2019 Minta Pemerintah Tanggung Biaya Internet Perguruan Tinggi Selama Pandemi

Selain itu, pihaknya ingin Diskominfo kedua provinsi melakukan kerja sama melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19. Karena, dengan pesatnya perkembangan dunia kesehatan, masyarakat kecil perlu diberi edukasi terkait bagaimana cara pencegahan efektif penyakit tersebut.

Kepala Diskominfo DI Yogyakarta Rony Primanto Hari mengatakan, Jawa Tengah merupakan daerah yang memanfaatkan teknologi informasi dengan efisien. Hal itu tercermin dengan aktifnya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dalam menggunakan media sosial untuk menjawab keluhan warga.

Sementara, Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum, menyambut baik usulan kerja sama tersebut, terutama, terkait penanganan sinyal internet di perbatasan. Meskipun, pemerintah pusat telah meluncurkan Palapa Ring sebagai infrastruktur internet, akan tetapi pemerintah daerah tak lantas lepas tangan.

“Palapa Ring ibaratnya jalan tol, untuk memenuhi kebutuhan internet di Indonesia. Namun provinsi tak tutup mata, dengan menciptakan jalan-jalan yang dilewati menuju jalan tol tersebut. Tahun 2021, Pemprov Jateng punya program menyambungkan infrastruktur antar kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Kebijakan itu  bisa saling menguntungkan (di perbatasan DIY-Jateng),” katanya seperti dikutip dari laman resmi jatengprov.go.id.

Riena juga berharap, sinergi Provinsi DIY dan Jateng dalam mengatasi pandemi Covid-19 dapat melalui media elektronik. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*