COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Disebut Jadi Biang Kerok Penularan Covid-19 di Solo, Ini Tanggapan UNS

Ilustrasi | Foto: teras.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Pihak Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo angkat bicara terkait tuduhan menjadi biang kerok penyebaran covid-19 di Solo. Seperti yang disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, ada 25 dokter residen di RSUD Moewardi tertular virus corona yang diduga tertular usai acara wisuda UNS.

Dekan Fakultas Kedokteran UNS Solo, Reviono, membantah dugaan 25 dokter residen yang bertugas di RS Moewardi tertular Covid-19 saat pesta wisuda. Dia menegaskan para dokter muda peserta program pendidikan dokter spesialis (PPDS) paru itu tidak melaksanakan wisuda.

Pernyatan itu menanggapi pernyataan Ganjar Pranowo terkait hasil tracing 25 tenaga kesehatan atau nakes RSUD dr. Moewardi Solo yang positif Covid-19 menemukan indikasi mereka tertular saat pesta wisuda.

Dikutip dari Solopos.com, Reviono menegaskan tidak ada salah satu dari 25 dokter itu yang melaksanakan atau mengikuti wisuda. “Setahu saya tidak ada hubungannya dengan wisuda. Residen paru yang positif ini tidak ada yang pernah ikut wisuda,” ujar Reviono.

Baca juga: Solo Jadi Zona Hitam Kasus Covid-19, Klaster Tenaga Medis

Seperti diketahui, rata-rata dokter muda yang positif Covid-19 itu sedang menempuh pendidikan dokter spesialis paru atau disebut sebagai dokter residen paru dari UNS Solo.

Reviono menambahkan, para dokter residen paru itu sudah menjalani masa karantina selama dua pekan. Dia pun menegaskan dokter residen paru UNS Solo yang positif Covid-19 itu tidak ada yang mengikuti maupun menggelar pesta wisuda.

“Kalau residen yang positif selama dua minggu ini tidak ada yang ikut pesta wisuda,” ujarnya.

Reviono mengabarkan para dokter muda spesialis paru itu dalam kondisi sehat. Saat ini dokter residen paru yang positif Covid-19 itu sedang menjalani karantina di RS UNS Solo di Kartasura, Sukoharjo. “[Kondisi] stabil. Kondisi baik,” ungkap Reviono. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*