Penelitian Terbaru, Dexamethasone Ampuh Sembuhkan Pasien Covid-19

Foto: telegraph.co.uk
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Penelitian terbaru menyebut Dexamethasone ampuh menyembuhkan pasien COVID-19. Penelitian yang dilakukan Universitas Oxford itu menunjukkan bahwa dexamethasone bisa mengurangi rata-rata kematian hingga sepertiga pada pasien Corona yang masuk rumah sakit.

Dexamethasone sendiri merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengurangi inflamasi pada sejumlah penyakit, seperti radang sendi. Obat ini pun beredar di pasaran dengan harga terjangkau.

“Dexamethasone obat yang tidak mahal, bisa ditemukan di toko obat, dan bisa langsung digunakan untuk menyelamatkan nyawa di seluruh dunia dengan segera,” kata Peter Horby, pemimpin studi di Universitas Oxford.

Dikutip dari CNBC, pengujian terhadap Dexamethasone ini diumumkan pada Selasa (16/6/2020). Ilmuwan pun menyebut temuan ini sebagai terobosan besar.

Baca juga: Disebut Sebabkan Gagal Jantung, AS Setop Izin Edar Dan Penggunaan Hydroxychloroquine

Para peneliti dari Universitas Oxford menemukan kemanjuran dari obat dexamethasone. Obat itu terbukti membantu menyelamatkan pasien Corona dengan sakit parah.

“Hasilnya menunjukkan bahwa jika pasien yang memiliki Covid-19 dan menggunakan ventilator atau oksigen, lalu diberi dexamethasone, bisa menyelamatkan nyawa, biayanya juga tidak mahal,” kata, Profesor Oxford yang ikut memimpin penelitian, Martin Landray.

Dexamethasone yang merupakan obat steroid ini biasanya dipakai untuk mengurangi peradangan. Menurut NHS, Dexamethasone adalah jenis obat anti-inflamasi yang bisa mengobati berbagai kondisi seperti masalah alergi, asma, eksim, penyakit radang usus, dan radang sendi.

Di Amerika Serikat sendiri obat ini sudah digunakan untuk mengobati beberapa pasien yang terjangkit virus corona. Hingga kini belum ditemukan efek samping yang berbahaya terkait penggunaan obat tersebut pada pasien.

Harga Dexamethasone memang tergolong mudah, melansir CNN, di situs GoodPx obat ini dijual dengan harga US$ 8 atau setara Rp112 ribu per strip. Namun, menurut platform tersebut, jika dijual di toko lain harga Dexamethasone bisa mencapai US$46,9 per strip. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*