COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Mantabkan Posisi di 500 Universitas Terbaik Dunia, Undip Kembali Cetak 4 Guru Besar

Foto: undip.ac.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang semakin memantabkan posisinya dalam daftar 500 universitas terbaik di dunia dengan kembali mencetak guru besar. Dalam waktu dekat ada 4 calon guru besar yang segera dikukuhkan. Sebelumnya, hingga medio 2020 sudah ada 15 guru besar yang dikukuhkan dalam tahun ini.

Ketua Senat Akademik Undip Prof. Dr. Ir. Sunarso, MS menyampaikan Undip akan kembali dibanjiri Guru Besar. “Dari awal tahun 2020 ini sudah ada 15 orang Calon Guru Besar yang merupakan capaian tinggi bidang akademik,” tutur Prof. Narso sapaan akrab Beliau.

Dia menambahkan diawali pada Kamis 4 Juni 2020 telah digelar presentasi Makalah 4 orang Calon Guru Besar. Keempat Calon Guru Besar tersebut adalah Dian Ratna Sawitri, S.Psi.,M.Si.,Ph.D. yang kini menjabat sebagai Dekan Fakultas Psikologi.

Selanjutnya ada Dr. Ir. Suharyanto, M.Sc. dari Fakultas Teknik dan 2 calon Gubes dari Fakultas Sains dan Matematika yakni Drs. Sapto Purnomo Putro, M.Si.,Ph.D. dan Dr. Kusworo Adi, S.Si.,MT. Acara presentasi Guru Besar akan digelar secara daring.

“Banyaknya Calon Guru Besar ini merupakan keberhasilan program percepatan Guru Besar yang memberikan kontribusi masuknya Undip dalam 500 Universitas terbaik di dunia,” ujar Prof Narso.

“Kedepan, kontribusi dari para Guru Besar memberikan kemanfaatan yang besar bagi masyarakat dan kemajuan Indonesia,” tambahnya.

Baca juga: Undip Masuk 4 Besar Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia

Diketahui, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang terus menggenjot penambahan jumlah guru besar hingga 10 persen dari jumlah dosen di universitas tersebut.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama mengatakan bahwa program percepatan profesor yang sudah dilaksanakan berjalan dengan cepat, sehingga target jumlah guru besar 10 persen dari jumlah total dosen di Undip akan terlampaui.

Presentasi diawali oleh Calon Guru Besar Dian Ratna Sawitri,S.Psi.,M.Si.,Ph. D. mengusung naskah ilmiah berjudul “ Keselarasan Karier Remaja-Orang Tua: Fondasi Masa Depan GenerasiBangsa”. Dian mengungkapkan bahwa pada tahun 2030-2040 Negara Indonesia akan mengalami bonus demografi, yaitu penambahan jumlah usia produktif yang besar.

Dian menambahkan bahwa keselarasan karier remaja-orang tua didefinisikan sebagai keselarasan remaja dengan orang tuanya dalam hal karier, yang ditandai dengan dukungan orang tua yang dirasakan remaja terhadap eksplorasi dan perencanaan karier.

Dilanjutkan oleh Suharyanto, M.Sc. dari Fakultas Teknik yang berjudul “ Menjaga Kelestarian dan Keberlanjutan Sumber Daya Air”.

Suharyanto menjelaskan bahwa pengelolaan sumber daya air harus dilakukan dengan terintegrasi antara konservasi sumber daya air, pendayagunaan sumber daya air, dan pengendalian daya rusak air secara seimbang dan berkelanjutan.

Disusul kemudian oleh 2 calon Gubes dari Fakultas Sains dan Matematika yakni Drs. Sapto Purnomo Putro, M.Si.,Ph.D. dan Dr. Kusworo Adi, S.Si.,MT secara bergantian memaparkan naskah ilmiahnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*