Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

59.394

60.695

3%

Kasus Baru

1.624

1.301

-20%

Update: 3 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Generasi Ke Empat Penemu Lumpia Khas Semarang ‘Mbak Lien’ Meninggal Dunia

Mbak Lien | Foto: smol.id/net
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Sri Iriani Santoso atau Siem Siok Lien atau lebih dikenal sebagai Mbak Lien, pemilik lumpia legendaris Mbak Lien Semarang, meninggal dunia pada Sabtu (20 /6) pukul 20.14 WIB, dalam usia 58 tahun.

Kabar duka itu diketahui dari unggahan Martinus @martinuselroy uang merupaka putera laki-laki mbak Lien. “See u mom… i love u RIP” Postingan martinuselroy itu yang langsung mendapat ratusan comments dari kerabat, sahabat, dan warganett lainnya.

Dalam sebuah foto berita duka, diketahui upacara tutup peti dilakukan pada Minggu (21/6) pukul 14.00 WIB. Rencananya jenazah Mbak Lien akan dikebumikan di Mount Carmel pada Rabu (24/6) pukul 10.00 WIB.

Lumpia Mbak Lien yang legendaris ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang selalu dicari pelanggan jika mampir ke Kota Lumpia ini. Salah satu tempat polupernya di Jalan Pemuda, tepatnya di gang Grajen, sebelah timur bekas gedung Sri Ratu, Semarang.

Menurut sejarahnya Lumpia Mbak Lien merupakan usaha yang turun temurun. Mbak Lien sendiri adalah generasi keempat yang meneruskan usaha ini. Ayahnya adalah cucu dari Tjoa Thay Yoe, pencipta resep lumpia Semarang.

Dilansir dari ksmtour.com, ada dua jenis lumpia yang ditawarkan di sini, lumpia basah dan lumpia yang di goreng. Namun tidak perlu khawatir, lumpia basah ini isinya sudah matang meskipun tidak digoreng. Lumpia yang basah, lebih terasa isinya karena tidak bercampur dengan minyak.

Baca juga: Hati-hati, Salah Penyimpanan Makanan Anda Bisa Jadi Beracun

Serta rasanya agak manis dengan rasa telur dan rebung di dalamnya. Namun akhirnya tergantung selera pembeli, karena lumpia goreng terasa lebih gurih. Lumpia Mbak Lien bisa tahan dalam dua hari, dan jika masuk kulkas bisa tahan sampe lima hari.

Kelebihan Lumpia Mbak Lien dibandingkan dengan lumpia yang lain adalah tidak adanya bau rebung yang pesing karena rebung telah melalui proses panjang, pencucian yang sangat bersih dan lain sebagainya.

Rasanya sangat lezat dan gurih, paduan rebung muda, telur, udang, dan daging ayam yang memenuhi kulit lumpianya terasa padat dari ujung ke ujung. Rasanya legit, kulitnya renyah, apalagi jika Anda cocol dengan saus kental berbumbu yang terbuat dari kanji. Telur yang digunakan sebagai isian adalah telur ayam kampung, karena itu rasanya berbeda dengan lumpia lainnya.

Sebagai cocolan lumpia disediakan tiga varian saus. Yang pertama saus widjo. Saus ini juga akan disertakan bersama daun bawang, cabai dan acar timun jika membeli lumpia untuk dibawa pulang.

Saus ini memiliki rasa dominan manis yang merupakan campuran dari kecap, bawang putih dan tepung pati. Dua saus lainnya adalah mustard dan acar bawang. Lumpia makin nikmat disantap dengan acar timun, cabai dan daun bawang.

Selain di Jl Pemuda, mereka juga membuka cabang di Jalan Pandanaran, saat ini, gerai Lumpia Mbak Lien dijalankan oleh putera puterinya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*