Arab Saudi Catatkan Penambahan Tertinggi Kasus Baru Covid-19 Sebanyak 3.121 Per Hari

Seorang petugas keamanan memeriksa jamaah sebelum mereka melakukan sholat Jum'at di dalam Masjid Al-Rajhi, Riyadh, Arab Saudi, 5 Juni 2020 | Reuters Photo/dailysabah.com
Mari berbagi

JoSS, ARAB SAUDI – Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan ada 3.121 kasus baru virus Corona pada Sabtu (6/6). Angka tersebut merupakan yang tertinggi untuk penambahan kasus per hari. Saat ini total warga yang terinfeksi mencapai 98.869 kasus.

Ibu Kota Riyadh sejauh ini menjadi wilayah dengan kasus baru virus corona tertinggi di negara itu, di mana dalam 24 jam terakhir ada 900 kasus infeksi virus corona terkonfirmasi.

Situs english.alarabiya.net mewartakan Kota Jeddah menjadi wilayah dengan penambahan kasus baru virus corona tertinggi kedua di Arab Saudi dengan 572 kasus yang terjadi.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyebut dalam 24 jam terakhir ada 34 pasien meninggal karena Covid-19. Angka ini mengalami kenaikan sehingga total pasien virus corona yang meninggal di Arab Saudi sebanyak 676 orang.

Sementara jumlah pasien sembuh dari virus corona mengalami kenaikan menjadi 71.791 orang setelah ada penambahan 1.175 pasien sembuh.

Kementerian Kesehatan setempat, sebelumnya telah memantau kasus-kasus yang dilaporkan di Riyadh untuk menentukan apakah memperketat akan aturan, diantaranya memberlakukan jam malam jika memang diperlukan.

Sedangkan di Kota Jeddah, jam malam sudah diberlakukan menyusul tingginya kasus virus corona di wilayah itu. jam malam terhitung mulai 3 sore – 6 pagi.

Baca juga: Pandemi Corona Belum Usai, Muncul Wabah Ebola di Kongo Afrika

Arab Saudi masih menghentikan sementara aktivitas masyarakat di luar rumah. Salat berjamaah di masjid pun masih dihentikan sementara.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq al-Rabiah mendesak masyarakat agar mematuhi aturan social distancing dan mengikuti peraturan yang ditujukan demi mencegah penyebaran infeksi virus corona.

Hingga saat ini pemerintah Arab Saudi juga belum memberikan kepastian perihal pelaksanaan ibadah haji tahun 2020. Kementerian Luar Negeri RI pun mengaku sudah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Jakarta maupun kedutaan Indonesia di Jeddah dan Riyadh.

“Hingga saat ini memang belum ada informasi atau keputusan apapun yang diputuskan oleh pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji,” ujar Direktur Timur Tengah Kemlu, Achmad Rizal Purnama melalui video telekonferensi, belum lama ini.

Sejauh ini, katanya, perkembangan terbaru dari sisi kebijakan yaitu terkait pelaksanaan ibadah di masjid. Rizal menuturkan, Arab Saudi mulai membuka masjid selain di Mekkah pada 31 Mei 2020. Protokol kesehatan pun akan tetap diterapkan.

“Di mana masjid-masjid di Arab Saudi mulai dibuka, kecuali di Mekkah, yang lainnya sudah akan mulai dibuka pada hari Minggu ke depan. Di mana protokol kesehatan akan tetap diterapkan secara ketat, 20 menit sebelum azan baru dibuka, dan 20 menit setelah shalat akan ditutup kembali,” sambung dia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*