Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

62.142

63.749

2%

Kasus Baru

1.447

1.607

11%

Update: 5 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

16 Provinsi Terjadi Penurunan Kasus Covid-19, Termasuk Jawa Tengah

Ilustrasi | Foto: vivanews.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Jawa Tengah menjadi salah satu dari 16 provinsi yang angka reproduksi virus corona (R0) di bawah angka satu. Dengan kata lain, data itu menunjukkan potensi penyebaran virus di suatu daerah sejak pertama kali ditemukannya kasus terbilang menurun.

Plt. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA mengatakan jumlah kasus yang semakin lama semakin menurun tergambar dari Aceh, Riau, Sumatra Selatan, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimatan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Dia menuturkan pemerintah bakal menentukan zona umum dan protokol secara umum di tengah upaya penerapan kenormalan baru atau new normal di tengah masyarakat.

“Namun dalam penerapannya tetap menjadi wewenang daerah untuk menentukannya, sektor mana yang akan dimulai dulu dan menguji penerapannya,” katanya dalam konferensi pers di BNPB, Jumat (5/6).

Sementara itu, terdapat 18 provinsi dengan R0 atau angka reproduksi virus corona pada awal masa  penularan yang di atas satu. Dengan kata lain, data itu menunjukkan masih tinggingnya potensi penyebaran virus di suatu daerah sejak pertama kali ditemukannya kasus.

Baca juga: Indonesia Urutan ke 34 Dunia, Kasus Sebaran Covid-19

“Sekurang-kurangnya dari penilaian R0 maka dapat dikategorikan provinsi dengan R0 di atas 1 yang mengambarkan wabah masih bertambah,” katanya.

Safrizal menuturkan 18 provinsi itu meliputi Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

“Pemerintah akan menentukan zona umum dan protokol secara umum namun dalam penerapannya tetap jadi wewenang daerah untuk menentukannya, sektor mana yang akan dimulai dulu dan menguji penerapnnya,” kata dia.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta pengendalian Covid-19 fokus pada tiga provinsi, yakni Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Menurut Presiden Jokowi wilayah tersebut memiliki angka penyebaran yang masih tinggi.

“Saya ingin kita konsentrasi, Gugus Tugas maupun Kementerian, TNI dan Polri, utamanya, konsentrasi di tiga provinsi yang angka penyebarannya masih tinggi yaitu di Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan. Tolong ini jadi perhatian khusus sehingga angka penyebaran bisa kita tekan lebih turun lagi,” kata Presiden saat membuka rapat rapat terbatas percepatan penanganan pandemi Covid-19, Kamis (5/6). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*