Penerimaan Mahasiswa Baru Undip Jalur Mandiri Masih Dibuka Hingga 20 Juli, Begini Caranya

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Strata Satu (S1) Universitas Diponegoro untuk jalur Ujian Mandiri (UM) masih dibuka hingga 20 Juli mendatang. Pandemi corona yang tengah mewabah di negeri ini membuat pihak universitas mengganti ujian tertulis dengan menerapkan seleksi melalui portofolio calon mahasiswa.

Kebijakan baru yang dimulai sejak April lalu ini dilakukan guna mencegah semakin meluasnya penyebaran virus corona.

Wakil Rektor III Undip, Dwi Cahyo Utomo SE MA PhD mengatakan, Jalur Mandiri yang sedianya dilaksanakan melalui Ujian Tertulis diganti dengan Seleksi Ujian Mandiri S1 berdasarkan portofolio.

“Jalur Mandiri dibagi dua kategori yakni Kelas Reguler dengan daya tampung 4.652 kursi dan  Kelas Internasional disediakan sebanyak 350 kursi,” tuturnya.

Ada tiga pilihan Kelompok Program Studi. Masing-masing adalah Saintek dimana pendaftar bisa memilih dua pilihan program studi (ada 34 prodi S1 Saintek yang ditawarkan). Sedangkan Soshum, calon mahasiswa juga bisa memilih  dua pilihan program studi (ada 17 prodi S1 Soshum).

Atau pendaftar bisa memilih campuran, dimana di sini, calon mahasiswa baru bisa memilih dua program studi (ada 34 prodi S1 Saintek dan 17 Prodi S1 Soshum) yang bisa dicermati untuk dipilih.

Dikutip dari laman https://um.undip.ac.id/archives/28/informasi-seleksi-ujian-mandiri-s1, pendafataran online masih dibuka sampai 20 Juli 2020. Untuk pengumuman hasil seleksi 30 Juli 2020.

Baca juga: Fakultas Teknik Undip Jadi Role Model Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi

Tahun ini Undip menerima total 10.110 mahasiswa baru. Dengan rincian, 2.066 orang melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 3.042 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur  Mandiri yang dibagi dua kategori yakni Kelas Reguler dengan serapan 4.652 orang dan Jalur Mandiri  Kelas Internasional sebanyak 350 orang.

Sebelumnya, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono mengatakan karena kondisinya masih tidak memungkinkan untuk menggelar ujian tertulis, maka Pihak Universitas mengeluarkan kebijakan dengan tetap mengadakan seleksi makasiswa baru jalur mandiri berdasarkan portofolio calon mahasiswa. Hal ini guna mencegah peningkatan penyebaran virus corona.

“Untuk itu, lanjutnya peserta wajib mengisi data portofolio yakni raport semester 1 sampai dengan semester 5 dan atau prestasi lainnya yang diunggah melalui aplikasi yang disediakan,” kata pria yang akrab disapa Buset ini.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, peserta dapat memilih salah satu dari tiga jalur pendaftaran, yakni: reguler, kemitraan, dan golongan tidak mampu/pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP). Pemilihan jalur pendaftaran ini akan berpengaruh pada besaran biaya kuliah bagi calon mahasiswa.

“Adanya tiga jalur tersebut dimaksudkan agar calon mahasiswa dapat menyesuaikan pilihan dengan kemampuan finansial keluarga mereka, sebab masing-masing memiliki konsekwensi keuangan yang berbeda,” tuturnya.

Selanjutnya persyaratan seleksi dan tata cara pendaftaran dipersilahkan untuk membuka laman: um.undip.ac.id dan media sosial Undip official: Twiter @undip; IG @undip.official; FB @undip.official. Adapun pengumuman lolos seleksi akan diumumkan pada tanggal 30 Juli 2020.  (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*