Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

68.079

70.736

3%

Kasus Baru

1.853

2.657

43%

Update: 9 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Pelonggaran Karantina, Arab Saudi Mulai Buka Masjid Untuk Salat Jumat

Foto: aljazeera.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, ARAB SAUDI – Pemerintah Arab Saudi mulai membuka sejumlah masjid pada Jumat, 29 Mei 2020. Pembukaan ini seiring dengan pelonggaran kebijakan karantina di masa pandemi Covid-19 ini. terkait hal itu, pemerintah setempat menetapkan sejumlah aturan bagi mereka yang hendak salat berjemaah di masjid.

“Ketentuan salat di masjid itu tertuang dalam surat edaran telah diterbitkan untuk para pengurus dan jemaah masjid,” kata Menteri Bidang Islam Arab Saudi, Sheikh Abdullatif bin Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al-Asheikh, seperti dikutip dari Arab News.

Aturan pembukaan masjid ini berlaku di seluruh wilayah Arab Saudi kecuali di Mekah. Berikut detail aturan salat berjemaah di masjid Arab Saudi:

Pertama, penerapan Physical distancing. Setiap orang yang salat berjemaah di masjid harus menjaga jarak dua meter dan membuat satu baris atau ruang kosong di antara setiap deretan.

Kedua, menjaga kebersihan. Jemaah salat harus memakai masker, membawa sajadah sendiri, dan berwudu dari rumah.

Ketiga, pengurus masjid wajib memastikan setiap pintu dan jendela masjid terbuka di siang hari sehingga sirkulasi udara lancar dan cahaya matahari bisa masuk.

Baca juga: Kim Jong-Un Dikabarkan Putuskan Kebijakan Baru Terkait Program Senjata Nuklir

Keempat, pengurus masjid harus memastikan jemaah menghindari kerumunan saat masuk dan keluar masjid.

Kelima, anak-anak di bawah umur 15 tahun dilarang masuk masjid, serta menutup fasilitas masjid yakni toilet dan tempat wudu masjid ditutup.

Keenam, soal kajian online. Surat edaran itu juga mengatur program pendidikan atau kajian agama yang selama ini berlangsung di masjid dialihkan secara daring.

Ketujuh, masjid dibuka 15 menit sebelum salat dan tutup 10 menit setelah selesai. Khusus bagi masjid dengan jumlah jemaah yang banyak dapat buka 20 menit sebelum salat dan 20 menit setelah salat.

Kedelapan, adapun durasi khotbah tidak boleh lebih dari 15 menit.

Aturan jam malam saat wabah corona di Arab Saudi mulai mengendur pada 28 Mei 2020. Fase kedua akan dilaksanakan antara 31 Mei hingga 20 Juni 2020 dan jam malam akan dicabut setiap hari dari jam 06.00 hingga 20.00 waktu setempat. Semua ketentuan itu berlaku di seluruh wilayah Arab Saudi, kecuali Mekah. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*