COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Heboh Temuan Daging Sapi Ternyata Daging Babi, Begini Cara Membedakannya

Barang bukti pemalsuan daging babi menjadi daging sapi di Polresta Bandung | Foto: wartakan.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Viral kabar empat pelaku pengedar daging paslu di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tak tanggung-tanggung sebanyak 63 ton daging babi disulap jadi daging sapi selama empat tahun lamanya.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan dari penuturan pelaku, daging babi diolah hingga menyerupai daging sapi dengan menggunakan boraks.

“Jadi secara fisik, daging babi ini lebih pucat, tapi kalau daging sapi lebih merah. Proses [menggunakan boraks pada] daging babi membuatnya jadi lebih merah, mirip seperti daging sapi,” ujarnya, dikutip dari CNNIndonesia.

Dari kasus ini, kiranya Anda perlu mengetahui perbedaan fisik yang kentara antara daging sapi dan babi agar tak tertipu.

Selain dari warna, perbedaan keduanya terlihat dari tekstur. Daging babi memiliki tekstur yang lebih lembek dan mudah hancur. Berbeda dengan daging sapi yang lebih padat dan keras.

Untuk lebih detail, berikut lima cara membedakan daging sapi dan babi mengutip Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan Kota Bandung).

1. Warna
Daging babi memiliki warna merah yang lebih pucat jika dibandingkan dengan daging sapi yang merah tua dan pekat. Warna daging babi lebih menyerupai daging ayam.

2. Serat
Daging sapi memiliki serat yang terlihat padat dengan garis serat yang terlihat jelas. Serat pada daging sapi juga terlihat lebih kasar dan saling rapat. Hal ini berbeda dengan babi yang memiliki serat lebih halus dan renggang satu sama lain.

Baca juga: Masyarakat Khawatir Layanan Kesehatan Tidak Mampu Menampung Korban COVID-19 

3. Lemak
Perbedaan lemak hadir pada tingkat elastisitasnya. Daging babi memiliki tekstur lemak yang tebal namun lunak yang membuatnya lebih elastis. Sedangkan lemak sapi lebih kaku, tebal, dan padat.

Selain itu, lemak daging babi akan terasa sangat basah dan sulit dihilangkan dari dagingnya. Sementara pada daging sapi, lemak sedikit lebih kering dan berserat.

4. Tekstur
Daging sapi memiliki tekstur yang lebih kaku dan padat daripada daging babi yang lembek dan mudah meregang.

Dengan cara memegangnya pun, seharusnya Anda sudah bisa merasakan perbedaannya. Tekstur daging sapi akan terasa sangat kenyal, sementara daging babi terasa lebih lunak.

5. Aroma
Aroma menjadi salah satu senjata paling ampuh untuk membedakan daging sapi dan babi. Daging babi hadir dengan aroma amis yang khas, berbeda dengan sapi yang lebih tengik dan pekat. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*