Catat! Diskon 30% Harga Pertamax Series Dan Dex Series Hanya Untuk Pembelian Non Tunai

Ilustrasi | Foto: jawapos.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) akan memberikan diskon harga BBM jenis Pertamax Cs sebesar 30%. Hal ini dilakukan selama Ramadhan. Namun diskon ini hanya untuk pembelian non tunai menggunakan aplikasi MyPertamina ataupun LinkAja.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, langkah ini merupakan aksi korporasi perusahaan untuk membantu meringankan beban masyarakat. Adapun, diskon ini berlaku untuk produk Pertamax Series dan Dex Series terhitung sejak 27 April hingga 23 Mei 2020.

Pemberian diskon ini diberikan untuk pembelian dengan menggunakan pembayaran secara non tunai dengan menggunakan aplikasi MyPertamina ataupun LinkAja. Promo berlaku untuk 2.000 pelanggan setiap harinya.

“Ini situasi yang sulit, dan tidak bisa dikaitkan begitu saja. Dalam masa Ramadhan ini kita luncurkan 30%. Kan itu harganya sudah lebih rendah dari kalkulasi yang beredar di publik,” ujarnya dalam telekonferensi, Kamis (30/4).

Menurut Nicke, saat ini kondisi yang dihadapi oleh Pertamina tidaklah mudah pandemi virus corona yang menyebabkan anjloknya harga minyak dunia. Sebab, perseroan mencatatkn adanya penuruunan demand akibat adanya pandemi corona dan penerpaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Nicke, hingga saat ini saja sudah terjadi penurunan demand mencapai 25% secara nasional. Bahkan sejumlah kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Makassar dan Bandung mengalami penurunan demand hingga di atas 50%.

“Demand turun drastis nasional. Hingga akhir Mei, Penurunan hampir 25% demand kita, ini penjulan terendah sepanjang sjarah pertamina. Ini adalah shock pertama yang kita alami, makin banyak PSBB maka makin turun demand,” kata Nicke.

Baca juga: Kabar Gembira, Pemerintah Berencana Pangkas Iuran BP Jamsostek 90% Selama 3 Bulan

Sementara itu, terkait harga minyak dunia yang terjun bebas, Nicke mengaku Pertamina kini babak belur.  Pukulan pertama adalah anjloknya penjualan bahan bakar minyak akibat pembatasan sosial. “Terendah sepanjang sejarah,” ujar Nicke dalam konferensi pers virtual, kemarin.

Penjualan BBM di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar turun sampai 50%. Bahkan Bandung mencapai 57%. Sementara, rata-rata penjualan nasional turun sampai 25%.

Harga minyak dunia yang jadi sorotan publik, karena sempat menyentuh minus, membuat Pertamina didorong untuk menurunkan harga BBM baik gasoline Perta series maupun gasoil.

Masalahnya, harga BBM tak cuma ditentukan oleh harga minyak dunia. Tapi juga kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, yang kini tengah melemah.

Padahal, pengeluaran Pertamina untuk membeli minyak mentah, impor BBM, sampai biaya produksi semuanya dalam dolar. “Tapi kita jual produk dengan rupiah, makanya ada selisih kurs. Pengeluaran dan pemasukan tidak imbang, terdepresiasi dan makin kecil,” kata Nicke.

Ketidakseimbangan ini makin menjadi-jadi, karena pendapatan Pertamina 80% disumbang oleh sektor hilir atau penjualan produk minyak baik BBM maupun petrokomia lainnya. Hanya 20% disumbang oleh hulu.

Meski begitu, sektor hulu menyumbang profit lebih dari 70% untuk perusahaan. Tapi, kondisi hulu sedang tak keruan dengan turunnya harga minyak dunia dan pandemi Covid-19. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*