91 Juta Data Pengguna Tokopedia Bocor, Begini Cara Amankan Akun Anda

Ilustrasi | Foto: cnnindonesia.com/mediaindonesia.com
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Sebanyak 91 juta catatan pengguna layanan e-commerce dan marketplace Tokopedia dilaporkan dijual ke web gelap seharga USD5000 atau kisaran Rp54 juta menurut kurs saat ini.

Diklaim bahwa data ini berisi alamat email, nama akun, dan hash password yang terkumpul dalam file database PostgreSQL.

Menanggapi hal itu VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak menyatakan pihaknya mengakui adanya upaya pencurian terhadap data penggunanya. Namun diklaim bahwa informasi pengguna tetap aman karena terenkripsi.

“Kami selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna karena bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan. Keamanan data pengguna merupakan prioritas utama Tokopedia,” jelas Nuraini dalam keterangannya.

“Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan,” imbaunya.

“Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun, maka kami selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun,” beber Nuraini.

Penggantian segera kata sandi atau password akun Tokopedia Anda menjadi cara aman sementara menghindari akun Anda diamblik alih oleh peretas. Hal ini harus dilakukan sambil menunggu pihak Tokopedia mengamankan kembali database akun penggunanya.

Berikut ini panduan untuk mengganti password Anda dengan mudah lewat smartphone, seperti dikutip dari Medcom.id.

1. Di halaman awal pilih ikon Akun yang ada di deretan bagian paling bawah. Ikon ini akan memberikan akses ke pengaturan akun pengguna maupun akun toko yang Anda miliki di Tokopedia.

Baca juga: Giliran 500 Ribu Detail Data Login Pengguna Zoom Bocor di Web Gelap

2. Setelah berada di halaman Akun Saya, akan muncul dua pilihan yaitu Akun Pembeli dan Akun Toko. Perlu diketahui bahwa kata sandi atau password yang diganti digunakan sekaligus di dua jenis akun tadi. Jadi Anda tidak perlu mengganti password Akun Pembeli maupun Akun Toko.

Anda harus memilih akun roda gerigi di sudut kanan atas dekat ikon bel dan amplop. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke pengaturan terkait informasi pribadi akun Tokopedia di halaman Atur Akun.

3. Di halaman Atur Akun persisnya bagian Keamanan di paling bawah terdapat menu Kata Sandi. Pilih menu Kata Sandi untuk penggantian kata sandi atau password baru. Di sini Anda akan diminta untuk memasukan password lama dan password baru.

Apabila Anda lupa dengan password lama karena terbiasa tidak melakukan logout layanan Tokopedia di smartphone. Cara mudahnya adalah dengan melakukan reset atau lupa password.

Tokopedia akan mengirimakn password sementara yang harus diganti ke alamat email . Jadi pastikan Anda mengetahui dengan tepat alamat email dan password layanan email yang digunakan.

4. Gunakan PIN sebagai keamanan berlapis. Di halaman Atur Akun tadi ada pilihan menu PIN Tokopedia.
PIN Tokopedia berfungsi sebagai kunci verifikasi untuk setiap transaksi saat penarikan saldo uang dari Tokopedia ke rekening bank. Fitur ini sangat penting bagi pengguna Tokopedia dari kalangan penjual yang memiliki toko online. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*