COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

128.776

130.718

1%

Kasus Baru

1.693

1.942

15%

Update: 12 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

UNS Sukses Gelar Ujian Masuk PPDS Tahap I Secara Virtual

Foto: uns.ac.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sukses menggelar Ujian Masuk Program Pendidikan Dokter Specialis (PPDS) tahap satu secara dalam jaringan (daring/online) pada Sabtu (25/4). Sebanyak 131 calon dokter spesialis dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti seleksi ini.

Deputi Pascasarjana Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Ahmad Marzuki, mengatakan pelaksanaan ujian masuk dilakukan secara virtual guna memutus rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam pelaksanaan ujian daring ini, peserta mengerjakan ujian tulisnya dari rumah masing-masing sedangkan pengawas melakukan pengawasan dari UNS. “Karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengadakan pertemuan-pertemuan maka ujian seleksi mahasiswa baru PPDS diselenggarakan secara online,” katanya, saat memantau jalannya ujian.

Dikutip dari Solotrust.com, Marzuki mengatakan, bahwa Ujian Masuk PPDS UNS secara daring dilaksanakan dengan mengkombinasikan teknologi ujian berbasis gawai (Mobile Based Testing atau MBT) dan platform video conference Blue Jeans.

Baca juga: Resmi Jadi Rujukan Lini Kedua, RS UNS Siap Terima Pasien Covid-19

Materi yang diujikan terdiri dari Tes Potensi Akadmeik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris. Guna menjamin mutu pelaksanaan ujian daring tersebut, termasuk mencegah kecurangan, UNS telah menyusun protokol ujian daring secara terperinci, yang mencakup tata ruang (layout) ujian, spesifikasi perangkat, tata urutan pelaksanaan dan kompetensi para pengawas ujian.

Ujian daring PPDS tahap pertama periode April 2020 ini, lanjutnya diikuti oleh sebanyak 131 calon mahasiswa yang tersebar di 22 provinsi di Indonesia.

“Yang lebih penting, berkat teknologi ujian daring jarak jauh ini, beberapa dokter yang sedang bertugas di daerah-daerah terpencil atau berada di garis terdepan dalam penanganan Pandemi Covid-19 tetap dapat mengikuti proses seleksi,” pungkasnya.

Selain ujian daring, UNS juga memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa lainnya untuk mengikuti seleksi PPDS dengan mengunggah sertifikat TPA dan Bahasa Inggris yang telah diakui secara nasional dan internasional yaitu TPA OTO BAPPENAS dan ITP TOEFL. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*