Pemprov Jateng Membuka Musrenbang Secara Online, Begini Caranya

Ilustrasi
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pemprov Jateng akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2021 melalui media dalam jaringan (daring/ online).

Hal ini dilakukan mengingat pentingnya penyerapan aspirasi atau usulan pembangunan dari masyarakat yang harus tetap diselenggarakan sementara pemerintah tengah menerapkan pembatasan jarak sosial akibat pandemi virus corona.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Jateng Prasetyo Aribowo, mengatakan, sebelum wabah Covid-19 melanda, Musrenbang tingkat provinsi merupakan gawe besar untuk menyerap aspirasi sekaligus ajang silaturahmi pemerintah dan warganya.

Namun, dengan kebijakan pembatasan pertemuan guna mengurangi persebaran Covid-19, acara tersebut dialihkan secara penuh melalui media online.

“Kegiatan Musrenbang online ini, sekaligus juga menggantikan yang konvensional. Kalau biasanya Pak Gubernur datang, kali ini tidak. Sebagai gantinya, kami sudah menyebar surat penyelenggaraan Musrenbangprov seperti biasa, plus disertakan dokumen RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) 2021. Selain itu, dokumen tersebut juga diupload dan bisa diunduh pada website Bappeda dan situs revisirkpd.jatengprov.go.id,” katanya.

Baca juga: Seleksi Direksi dan Dewan Komisaris PT Jateng Petro Energi Perseroda Diperpanjang

Dari dokumen yang dikirimkan, bisa memberi masukan untuk revisi RKPD 2021. Masyarakat pun bisa memberikan usulannya secara online.

Caranya mudah, warga tinggal masuk pada website rembugan.jatengprov.go.id untuk menyampaikan usulan. Sementara, untuk saran pada RKPD 2021 bisa masuk melalui website revisirkpd.jatengprov.go.id.

Di laman tersebut, masyarakat bisa mengusulkan program atau kegiatan untuk Jateng pada tahun depan. Syaratnya, masyarakat harus memberikan identitas berikut nomor kontak yang bisa dihubungi.

“Warga Jateng silakan usul. Nantinya, kami yang akan memverifikasi. Usulan dari masyarakat itu akan diteruskan dan ditindaklanjuti oleh instansi apa. Apakah di ranah desa, kabupaten/ kota, provinsi ataupun pusat,” jelasnya, dikutip dari dprd.jatengprov.go.id.

Ditambahkan, prioritas pembangunan di Jateng pada 2021 meliputi 4 bidang utama. Yakni, peningkatan, percepatan, pengurangan kemiskinan dan pengangguran. Kedua, peningkatan kualitas hidup dan kapasitas sumberdaya manusia, penguatan kapasitas dan daya saing ekonomi rakyat dan pemantapan tata kelola pemerintahan dan kondusivitas wilayah serta peningkatan kapasitas fiskal daerah.

Sebagai informasi, capaian pertumbuhan pembangunan di Jateng cukup menggembirakan. Satu di antaranya dengan menurunnya angka kemiskinan dari 3,74 juta menjadi 3,68 juta jiwa atau 63.830 jiwa berhasil dientaskan dari jurang kemiskinan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*