Mulai Maret Kereta Bandara Solo Tak Lagi Gratis, Segini Tarifnya

KA Bandara Adi Soemarmo | Foto: kumparan.com
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Kereta Bandara yang beroperasi dari Bandara Adi Soemarmo Solo ke sejumlah daerah di Soloraya kini tak lagi gratis. Pasalnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) mulai memberlakukan tiket berbayar untuk rute tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya, PT KAI menggratiskan tiket kereta api, yang dioperasikan sejak akhir Desember itu.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan pihaknya telah menerima surat dari Direktotar Jenderal Perkeretaapian, mengenai pemberlakuan tarif KA Bandara Adi Soemarmo.

“Sekarang tidak gratis lagi, Penerapan tarif ini sudah mulai diberlakukan pada 1 Maret,” katanya, belum lama ini.

Tarif yang diberlakukan untuk KA Bandara Adi Sumarmo itu cukup murah. Penumpang yang hendak menuju bandara hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 untuk menumpang kereta itu — baik dari Stasiun Klaten, Stasiun Balapan maupun Stasiun Kadipiro.

Baca juga: Dirjen Perkeretaapian Buka Angkutan Motor Gratis Masa Lebaran, Begini Caranya

Tarif yang sama juga diberlakukan bagi penumpang dari bandara yang hendak menuju Stasiun Kadipiro, Stasiun Balapan maupun Stasiun Klaten. “Sedangkan tarif relasi antarstasiun tersebut, di luar stasiun bandara, hanya dikenakan Rp8.000 untuk tiap penumpang,” kata Eko, seperti dikutip dari Tempo.co.

Kereta api yang menjadi sarana integrasi antarmoda itu mulai dioperasikan pada akhir Desember lalu. Saat itu, kereta api itu hanya melayani rute Bandara Adi Sumarmo hingga Stasiun Balapan melalui Stasiun Kadipiro.

Sejak pertengahan Februari kemarin, PT KAI lantas memperpanjang layanan kereta tersebut hingga ke Stasiun Klaten.

Melalui perpanjangan rute itu, terdapat tiga relasi perjalanan yaitu KA Bandara relasi Klaten – Bandara Adi Soemarmo dengan total 22 perjalanan, KA Bandara relasi Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo dengan total 10 perjalanan dan KA Bandara relasi Solo Balapan – Klaten dengan total 2 perjalanan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*