Kesulitan Bahan Baku, Pabrik Masker di Jogja Ini Tak Bisa Produksi

Ilustrasi | Foto: oicanadian.com
Mari berbagi

JoSS,  SLEMAN – Sebuah pabrik masker di Jogja berhenti beroperasi sejak Februari karena kesulitan bahan baku yang sebagian besar diimpor dari luar negeri. Perusahaan yang tidak disebutkan namanya tersebut juga telah mengekspor produknya, sehingga tidak ada yang tersisa untuk memenuhi kebutuhuhan dalam negeri.

Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto dari hasil sidak ke sebuah perusahaan masker di wilayah ini.

Dia menuturkan penegakan terhadap aksi penimbunan masker atau oknum yang mematok harga terlampau tinggi memang belum dilakukan oleh jajaran Polda DIY.

Namun, jawatannya sudah melakukan pengecekan terhadap produsen yang memproduksi masker di wilayah DIY, salah satunya ke sebuah pabrik yang ada di wilayah DIY yang memproduksi masker.

“Di DIY ada salah satu pabrik yang memproduksi masker. Setelah dicek memang tidak ada kegiatan produksi masker karena bahan baku yang mereka butuhkan salah satunya harus diimpor dari luar negeri. Perusahaan tersebut terakhir memproduksi masker sejak Februari lalu,” ujar mantan Kapolres Sleman ini, Minggu (8/3).

Baca juga: Awas Penimbun Masker Bisa Didenda Rp50 Miliar Atau 5 Tahun Bui

PT tersebut, lanjut Yuliyanto, juga mempunyai distributor untuk mendistribusikan masker ke konsumen. Namun, lagi-lagi setelah dilakukan pengecekan ke gudang distributor juga hasilnya nihil. Masker dari PT tersebut juga sebagian besar diekspor ke luar negeri.

Temuan masker bekas yang sengaja dijual juga ditemukan oleh jajaran Polda DIY. Jawatannya menemukan salah satu apotek kedapatan menjual masker bekas yang dijual kepada konsumen. Sayangnya, korban tidak membuat laporan resmi yang dilayangkan ke Polda DIY.

“Polisi sudah menghubungi dan sudah tahu identitas korban yang membeli masker bekas tersebut, kami (Polda DIY) juga sudah mengetahui apotek mana yang menjual masker itu (bekas), ini juga sudah merupakan sebuah tindakan yang dilakukan oleh kepolisian, diharapkan harga yang diluar batas mudah-mudahan tidak ada lagi, karena polisi terus memantau,” tutupnya, seperti dikutip dari Harianjogja.com. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*