Jadi Duta Pancasila Karena Tak Hafal, Kalista Iskandar Diprotes Netizen

Kolase | Foto: instagram/rri.co.id
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Penunjukkan Kalista Iskandar sebagai duta Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menuai beragam komentar dan protes dari warga net. Pasalnya enam besar finalis Puteri Indonesia 2020 itu tidak hafal dua sila dari dasar Negara Indonesia itu.

Seperti diketahui, wakil dari Provinsi Sumatera Barat itu sorotan publik  di malam puncak pemilihan, yang digelar di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (6/3), dirinya gagal menjawab pertanyaan dari Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Malam itu, keenam besar finalis Puteri Indonesia, menjalani sesi tanya jawab dari dewan juri dan media sosial. Sampai pada giliran Kalista, Bamsoet memintanya untuk melafalkan Pancasila.

“Kita beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Pertanyaan saya adalah, apakah Kalista hafal lima sila yang terkandung dalam Pancasila?” tanya Bamsoet.

“Terima kasih, Pak,” ucap Kalista kepada Bamsoet. Kemudian ia mulai melafalkan satu per satu butir Pancasila.

Sila pertama hingga ketiga, dilafalkan dengan lancar oleh Kalista. Namun, memasuki sila keempat dan kelima, dirinya tak berhasil mengucapkan dengan benar.

“Nomor empat, kemanusiaan yang…,” ucap Kalista yang langsung disambut sorakan penonton.

“Kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan, dalam permusyawaratan per.. masyarakat, perwakilan,” sambungnya.

Kesalahan wanita berusia 21 tahun itu, berlanjut saat ia melafalkan sila kelima. “Lima, kemanusiaan sosial yang adil dan beradab,” ujarnya yang kembali disambut sorakan penonton.

Mendengar jawaban itu, Bamsoet tetap mengapresiasi Kalista, karena dinilai mau berusaha menjawab pertanyaannya, “Terima kasih Kalista, Anda layak menang,” tuturnya.

Kegagalannya melafalkan Pancasila, memang membuat langkah Kalista harus terhenti. Ia gagal menyabet gelar Puteri Indonesia 2020. Namun, Yayasan Puteri Indonesia (YPI), tetap menobatkan perwakilan dari Provinsi Sumatera Barat, itu sebagai 3rd Runner-Up Puteri Indonesia 2020.

Baca juga: Dicokok Satresnarkoba, Ini Barang Haram Yang Dikonsumsi Ririn Ekawati

Terlepas dari kejadian malam itu, Kamis (12/3) kemarin, Kalista beserta lima finalis lainnya, yakni Ayu Maulida Putri, Putu Ayu Saraswati, Jihane Almira Chedid, Angel Virginia Boelan, dan Yoan Clara Teken, kembali bertemu dengan Bamsoet, di gedung MPR, Senayan, Jakarta.

Pada kesempatan itu, MPR RI mengangkat keenamnya menjadi duta MPR RI, dan diharapkan dapat membantu mensosialisasikan empat pilar bangsa kepada generasi muda.

Bamsoet, juga berharap besar kepada para Puteri Indonesia, karena dirinya menilai, satu perempuan dapat memengaruhi banyak kehidupan.

“Apalagi para finalis Puteri Indonesia 2020 ini juga merupakan kalangan milenial. Perempuan dan milenial adalah dua kekuatan sosial bangsa Indonesia,” kata Bamsoet.

“Pemahaman dan pengimplementasian mereka terhadap Empat Pilar MPR RI, akan membuat masa depan Indonesia tak perlu dicemaskan. Kita di MPR RI sebagai generasi senior, akan selalu Tut Wuri Handayani,” pungkasnya.

Di-angkatnya Kalista sebagai satu dari enam Duta MPR RI, seolah menjadi jawaban dari prediksi warganet. Sebab, usai dirinya keliru mengucapkan Pancasila di ajang Puteri Indonesia, tak sedikit yang menilai, Kalista justru akan diberi ‘penghargaan’.

Susi: Ga hafal Pancasila malah jadi duta, berarti kalau mau jadi duta kudu bego dulu ya?. Anto: MPR sedang ngajak bercanda, duta Pancasila orang yang ga hafal Pancasila.

Dini: Ngisi ujian salah dalam penulisan Pancasila aja ga lulus, ini salahnya parah malah jadi duta. standarnya apa ya? (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*